Saatnya Jadi Warrior Buat Harimau Sumatera
KOMUNITAS PERISTIWA

Saatnya Jadi Warrior Buat Harimau Sumatera

Organsiasi The World Wide Fund for Nature (WWF)-Indonesia menggiatkan kampanye penyelamatan binatang asli Indonesia lewat program WWF Warrior. Anda tertarik menjadi Warrior?

WWF Warrior adalah program donasi berkelanjutan yang diinisiasi WWF untuk menggalang dukungan masyarakat secara luas guna menyelamatkan satwa kunci dan asli Indonesia beserta habitatnya.

Satwa dimaksud adalah Harimau, Gajah, Orangutan dan Penyu. Setiap satwa tersebut wajib diperjuangkan pelestariannya, dan orang-orang yang turut berjuang didalam proses pelestariannya layak disebut Warrior.

Bagi individu yang berada dimana saja di Indonesia maupun dibelahan dunia lain yang ingin turut berjuang namun tidak bisa membantu secara fisik, dapat membantu dengan cara berdonasi melalui WWF-Indonesia, dan merekalah yang mendapatkan sebutan WWF Warrior.

Usaha konservasi yang dilakukan WWF-Indonesia tentu saja membutuhkan dukungan yang besar, salah satunya dalam bentuk dukungan dana dari masyarakat untuk melindungi empat spesies yang terancam punah ini beserta habitatnya. Detil program WWF Warrior bisa dilihat di http://supporterwwf.org.

Satu misal tentang harimau Sumatera, disebutkan bahwa Harimau Sumatera merupakan harimau Indonesia terakhir dengan populasi kurang dari 400 ekor di habitat alaminya.

Harimau (Panthera tigris) terbagi menjadi sembilan subspesies yang tersebar di Asia. Mulai dari daratan Turki hingga ke Rusia dan Indonesia. Namun saat ini hanya tersisa enam subspesies harimau saja di dunia. Tiga subspesies harimau lainnya telah punah.

Di Indonesia, Harimau Sumatera merupakan satu-satunya harimau yang tersisa setelah saudaranya, Harimau Bali (Panthera tigris balica) dan Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica) dinyatakan punah pada tahun 30-an dan 70-an.

Tingginya tingkat perburuan dan perdagangan ilegal, kurangnya sumber makanan untuk bertahan hidup, serta rendahnya tingkat reproduksi Harimau Sumatera mengakibatkan semakin menurunnya populasi Harimau Sumatera menjadi kurang dari 400 ekor di alam bebas.

Maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menyelamatkan mereka dengan menjadi Warrior, berdonasi mulai dari Rp 50.000/bulan hingga Rp 200 ribu. Juga bisa satu kali donasi minimal Rp 750rb.

Mengapa Harimau Sumatera penting untuk diselamatkan? Sebab Harimau Sumatera badannya terkecil di antara harimau lain yang masih hidup. Harimau hanya ditemukan di Sumatera dan dilindungi hukum negara Indonesia. Merupakan spesies harimau terakhir asli Indonesia setelah kepunahan Harimau Bali dan Harimau Jawa. Dan harimau berperan penting mengontrol satwa herbivora, sebagai peranta dalam menjaga kelestarian dan regenerasi hutan.

Ancaman kepunahan datang dari adanya perdagangan ilegal organ dan produk harimau terutama tulangnya di Sumatera dan Asia. Mereka semakin kehilangan habitat, ruang hidup dan populasinya mengecil dan terpisah-pisah. Serta adanya konflik dengan manusia dikarenakan sumber makanan dan sempitnya area perburuan.

Donasi tersebut akan WWF antara lain untuk membantu pemerintah menyusun strategi konservasi dan pemulihan populasi harimau. Memantau populasi harimau, mangsa dan habitatnya. Membantu perlindungan harimau dan penegakan hukum, serta membantu meningkatkan kesadaran dan dukungan masyarakat luas

Juga WWF akan membantu mendesain rancangan kerja hasil hutan. Menjaga kelestarian alam dengan cara pemilihan zona hutan. Serta menyeimbangkan pola pemanfaatan hutan dan lingkungan dengan laju ekonomi penduduk. Selain program donasi untuk Tiger warrior, WWF juga membuat program donasi Turtle warrior, Elephant Warrior dan Orangutan Warrior. (sak)