Sales Mission Pariwisata di Johor Baru
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

Sales Mission Pariwisata di Johor Baru

Dalam rangka pencapaian target kunjungan 12 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2016 dan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisman mancanegara khususnya Asia Tenggara ke Indonesia, Kementerian Pariwisata melaksanakan kegiatan Sales Mission di Johor Bahru, Malaysia.

Sales Mission Johor Bahru di Mutiara Hotel Johor Baru itu merupakan kegiatan business to business yang diikuti 25 industri pariwisata Indonesia yang merupakan anggota Associatons of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) selaku sellers.

Mereka berasal dari Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Kepulauan Riau, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat.

Para pelaku industri pariwisata Indonesia tersebut dipertemukan dengan 40 industri pariwisata dari Johor Bahru yang merupakan anggota dari Malaysian Association of Tour and Travel Agents (MATTA) Malaysia selaku buyers.

Dalam kegiatan ini juga turut mengundang narasumber dari DPD ASITA Kepulauan Riau, DPD ASITA Sumatra Barat dan Harry D Nugraha dari EGO Global Network.

Program kegiatan yang dilaksanakan selama berlangsungnya Sales Mission di Johor Bahru tersebut terbagi dalam dua sesi, yaitu sesi siang yang terdiri dari presentasi mengenai kondisi terkini pariwisata Indonesia (Indonesia Tourism Update) oleh para narasumber yang dihadirkan.

Presentasi dari para sellers asal Indonesia yang dibagi sesuai wilayah asalnya, Table Top session (buyers meet sellers) dan business meeting/mingle.

Serta sesi malam yang terdiri dari pembukaan dan sambutan perwakilan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Johor Bahru, pertunjukan kesenian tarian tradisional, gala dinner, kuis dan lucky draw.

Seiring rangkaian kegiatan Sales Mission di Johor Bahru, pada hari berikutnya delegasi Kementerian Pariwisata bertemu dengan Yang Berhormat Datuk Tee Siew Kiong, State Minister of Tourism Johor yang didampingi Direktur Tourism Johor.

Membahas peluang kerjasama dalam bentuk promosi bersama antara Kemenpar dan pemerintah Negara bagian Johor Malaysia, yang merupakan salah satu wilayah Malaysia yang berbatasan langsung dengan Indonesia.

Target yang ditetapkan dengan pelaksanaan kegiatan ini selain meningkatkan kunjungan wisman Malaysia ke Indonesia, adalah untuk membuka destinasi baru khususnya di Jawa Barat, Garut dan Tasikmalaya, serta Nusa Tenggara Barat. (sak)