Sandrina: Nikmati Kopi Hitam Tanpa Gula
CANGKIR KOPI PERISTIWA

Sandrina: Nikmati Kopi Hitam Tanpa Gula

Sandrina Malakiano mantan presenter yang juga pemilik Abuella Food Coffee Community punya kiat tersendiri bagi penggemar kopi yang kini jadi gaya hidup. Meski pendatang baru di dunia kopi, Sandrina tak asing di dunia kuliner. Orangtuanya pemilik restoran Italia terkenal di Bali.

Tak heran ibu dua anak itu akrab dengan kulier. Terlebih kopi. “Mulai sekarang, jangan minum kopi dengan gula. Minumlah kopi hitam. Jika memang disebut penggemar kopi sejati,” ujarnya pada acara ‘Kopi Tak sekedar Ngopi’ di Hotel Singgasana Surabaya, Jumat (14/10).

Menurutnya, ada cara minum kopi agar nikmatnya bisa dirasakan. Pertama kali kopi diseduh dan disajikan, jangan langsung diminum. Ambil gelas dan nikmati aromanya dengan indera penciuman.

Cara minumnyapun juga harus benar. Tidak boleh langsung tenggak hingga separuh. “Ini salah. Tidak begitu cara minum kopi yang benar,” tegas wanita kelahiran 24 Nopember 1971 itu.

Bagaimana caranya? Harus diminum sedikit terlebih dahulu atau istilahnya diseruput. Kopi yang sudah ada di dalam mulut itu juga tidak langsung ditelan ke dalam tenggorokan. Bbiarkan beberapa detik dalam rongga mulut. Gunakan lidah dan gosokkan ke langit-langit cairan kopinya.

Hidupkan indra perasa sambil hirup aromanya. Baru setelah itu ditelan. Stimulus ke otak akan didapatkan. Seraya indra penciuman dan indra perasa dihidupkan hingga ke otak. Hasilnya, cita rasa kopi akan berbeda-beda.

Jika yang ditemukan kopi berasa pahit, kata Sandrina, ada yang salah dalam menyajikannya. “Kopi berasa pahit itu biasanya cara memasak airnya terlalu panas,” tambahnya.

Untuk merasakan kenikmatan kopi bisa dengan berbagai. Juga lewat perlakuan dan penyajian. Jika yang dilakukan benar dan sesuai, dari kopi bisa memunculkan berbagai macam sensasi dan rasa. Makanya, kopi memang enak dinikmati jika bersantai.

Misalkan cara ditetes alias Drip Method. Cara ini paling populer dan sederhana. Juga ada teknik French Press, teknik Turkish Coffee. Menggunakan Percolator dan banyak teknik lagi yang dipakai untuk menghasilkan cita rasa kopi.

Tak kalah penting, cita rasa kopi juga bergantung jenis kopi yang dihasilkan petani. Bisa dilihat asal dan daratan tempat dimana biji kopi ditanam. “Kopi Jawa dengan kopi Aceh berbeda rasa dan aromanya,” ucapnya.

Hanya saja, meski banyak jenis kopi di Indonesia, Sandrina mengajak agar menikmati kopi tidak menggunakan gula. Hanya kopi, tanpa tambahan macam-macam. Termasuk susu atau creamer. “Suami saya dulu, kalau minum kopi pasti dengan gula. Sekarang tidak lagi. Karena sudah bisa merasakan nikmatnya kopi,” ucapnya. (sak)