Semifinal 1 Euro 2016: Ronaldo vs Bale
OLAHRAGA

Semifinal 1 Euro 2016: Ronaldo vs Bale

Partai semifinal pertama mempertemukan Portugal vs Wales di Stadion Parc Olympique Lyonnais, Kamis (7/7) pukul 02.00 WIB. Cristiano Ronaldo akan berjumpa dengan rekan satu timnya di Real Madrid, Gareth Bale.

Dua pemain yang sukses mengatarkan Madrid juara Liga Champions itu akan saling berhadapan memperkuat timnas masing-masing.

Berstatus sebagai tim debutan, Wales melangkah ke semifinal di turnamen resmi untuk pertama kalinya usai menundukkan Belgia 3-1 di Stadion Pierre-Murou, Lille. SEdangkan Portugal menang adu penalti atas Polandi.

Mneilik statistik sementara, penampilan Bale lebih unggul ketimbang bintang Portugal itu. Bale sudah mencetak tiga gol selama memperkuat Wales di Piala Eropa 2016. Sedangkan Ronaldo membukukan dua gol, yang tercipta saat melakoni laga penyisihan grup vs Hungaria.

Seperti dirilis situs UEFA.com, dari statistik tim, Wales juga lebih baik. Wales melangkah ke fase gugur sebagai juara Grup B. Sedang Portugal lolos dengan status tim peringkat ketiga terbaik setelah hanya bermain imbang di tiga laga penyisihan grup.

Portugal belum menunjukkan penampilan menjanjikan di dua laga fase gugur. Ronaldo dkk memang meraih kemenangan, namun kemenangan diraih dari adu penalti dan babak tambahan waktu.

Sayang pada laga semifinal nanti, Wales bakal kehilangan dua utamanya, yaitu Aaron Ramsey dan Ben Davies. Keduanya mendapat hukuman akumulasi kartu.

Dua pilar utama the Dragons ini mendapat kartu kuning keduanya saat mereka menang menakjubkan atas Belgia. Tanpa keduanya, Wales jauh lebih sulit melawan Portugal.

Bagi Portugal, laga semifinal ini bakal menjadi semifinal keempat dalam lima edisi terakhir Piala Eropa. Dan yang pertama bagi Wales, negeri kecil bagian dari negara Britania. (sak)