#SheMeansBusiness Facebook Dukung Pahlawan Ekonomi Surabaya
PEMERINTAHAN PERISTIWA

#SheMeansBusiness Facebook Dukung Pahlawan Ekonomi Surabaya

Keberadan Pahlawan Ekonomi Surabaya sebagai gerakan pemberdayaan ekonomi perempuan dan keluarga berbasis komunitas, mendapat apresiasi positif dari banyak pihak, termasuk Facebook.

Bukan hanya lembaga atau institusi di Indonesia, tapi juga luar negeri. Pahlawan Ekonomi mendapat dukungan dari layanan jejaring sosial terbesar dunia, Facebook.

Langkah awal diwujudkan dengan penyelenggaraan seminar dan workshop bertajuk ‘TataRupa Pahlawan Ekonomi Surabaya­Maximising Product, Branding, dan Marketing’ yang diselenggarakan di Graha Sawunggaling Pemkot Surabaya, Sabtu (6/8) lalu.

Dalam kegiatan itu, para perempuan pelaku usaha mendapat bekal pengetahuan, di antaranya memanfaatkan kekuatan branding menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), wawasan pasar dan pemasaran, bagaimana memenangkan kompetisi kualitas dunia dan sebagainya.

Dukungan Facebook mengkampanyekan #SheMeansBusiness dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional. Kampanye itu dibuat sebagai motivasi pada para perempuan agar mampu mengembangkan bisnis milik mereka sendiri. Lewat kampanye #SheMeansBusiness, Facebook menayangkan profil para perempuan hebat dari berbagai negara yang sukses mengembangkan bisnisnya sendiri.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini menyambut baik dukungan Facebook terhadap Pahlawan Ekonomi. “Ini kegiatan yang sangat produktif untuk mendorong agar perempuan pelaku usaha di Surabaya bisa berkembang dan produknya bisa dipasarkan secara luas,” ujar dia

Insiatif Facebook lewat #SheMeansBusiness menurut Risma sangat cocok dengan tagline Pahlawan Ekonomi, yakni ‘Go Global Go Digital Go Financial’. “Melalui #SheMeansBusiness, kami berharap para perempuan pelaku usaha di Surabaya akan dapat mempromosikan produk­produknya dengan mudah,” tandas Risma.

Selain itu, dari sesi pelatihan #SheMeansBusiness diharapkan dapat membantu perempuan pelaku usaha untuk belajar bagaimana cara menjual produk secara online, sehingga mereka benar­benar siap menghadapi persaingan pasar di level nasional maupun internasional, imbuhnya.

Bagus Supomo, Ketua Steering Committee Pahlawan Ekonomi Surabaya, menjelaskan di usianya ketujuh sejak dirilis 2010, Pahlawan Ekonomi telah mengalami perkembangan pesat. Jumlah anggota Pahlawan Ekonomi mengalami perkembangan signifikan. Dimana tahun ini ada 3.020 perempuan pelaku usaha yang tergabung di Pahlawan Ekonomi.

“Jumlah perempuan pelaku usaha ini mengalami peningkatan dari tahun 2015 sebanyak 2.640, serta tahun 2014 sebanyak 1.976,” kata Bagus yang juga chief executive director Surabaya Hotel Shool (SHS) ini.

Humas Pahlawan Ekonomi Agus Wahyudi menambahkan, dukungan Facebook awalnya dari kunjungan Wali Kota Surabaya ke Silicon Valley, Amerika pada 13­19 Januari 2016 lalu. Saat itu, Bu Risma, panggilan karibnya, yang masih menjadi walikota terpilih hasil Pilkada Surabaya 2016, sempat berkunjung ke markas Facebook.

“Dalam pertemuan dengan petinggi Facebook, Bu Risma bercerita tentang Pahlawan Ekonomi yang fokus pada program menghidupkan ‘mesin kedua’ keluarga. Dimana, kaum perempuan setelah dilatih bisa membantu menambah penghasilan keluarganya dengan cara berproduksi tanpa harus meninggalkan rumah,” jelas dia.

Dari diskusi tersebut, sambung Yudi, ada satu titik temu terkait komitmen pemanfaatan teknologi untuk kesejahteraan dan sesuatu yang lebih produktif. “Dukungan Facebook melalui #SheMeansBusiness ini sangat berarti bagi Pahlawan Ekonomi. Ini merupakan langkah besar untuk membuat Surabaya lebih baik,” pungkas Yudi. (sak)