Si Gesits ITS Siap Diproduksi Massal 2017
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

Si Gesits ITS Siap Diproduksi Massal 2017

Motor listrik produk inovasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang diberi nama Si Gesits bakal diproduksi massal dan dilepas ke pasaran pada pertengahan 2017.

Hal ini disampaikan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir saat mengunjungi laboratorium mobil listrik nasional (Molinas) ITS yang juga merupakan tempat keberadaan si Gesits. Laboratorium sekaligus bengkel itu juga sebagai Sekretariat Pusat Unggulan Iptek (PUI) ITS.

“Kedatangan kami di sini ingin dorong produk inovasi ITS masuk industri. Untuk motor listrik ini sudah ada investor yang siap memproduksi secara massal yaitu PT Garasindo. Jadi hasil penelitian akan diproduksi massal supaya bisa dimanfaatkan masyarakat,” kata Nasir di ITS, Jumat (27/10).

Menristek didampingi Rektor ITS Prof Joni Hermana serta Direktur PUI Nur Yuniarto banyak menjelaskan teknis serta spesifikasi motor berjenis skuter berwarna hitam tersebut.

Menristek juga mengharapkan keberadaan motor listrik tersebut diharapkan mampu bersaing dengan motor yang selama ini sudah beredar dipasaran yang menggunakan bahan bakar BBM.

Dengan harga yang kompetitif, keberadaan spare part yang mudah didapat, tempat penjualan serta tempat pengisian batrai yang memadai akan menjadi daya tarik dari motor ini.

“Apalagi keberadaan motor listrik cukup membantu mengurangi polusi akibat emisi gas buang,” kata dia.

Sebelum dilepas Presiden Jokowi, rencananya motor listik tersebut akan dilakukan ujicoba menyusuri Jakarta-Bali pada 7-13 November mendatang, pada saat itu juga bertepatan dengan Dies Natalis ITS.

Nasir juga menambahkan, rencananya dari pihak PT Telkom akan menggunakan sekitar 5.000 unit motor listrik, sedangkan produksi Si Gesits pada awal 2017 sekitar 100.000 unit.

“Kita mendukung produksi massal Si Gesit dengan mengalokasikan anggaran Rp 5 miliar untuk mendapatkan sertifikasi kelayakan produk,” katanya. (yul)