Sucofindo Siap Audit Lingkungan Lengkap
PEMERINTAHAN PERISTIWA

Sucofindo Siap Audit Lingkungan Lengkap

Kebutuhan audit lingkungan mulai meningkat seiring pemberlakuan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup (dan Kehutanan) No 03 Tahun 2013, yang menyebutkan daftar usaha dan/atau kegiatan yang berisiko tinggi wajib melaksanakan audit lingkungan berkala.

Industri seperti semen, petrokimia, bahan aktif pestisida akan mulai melakukan audit lingkungan mulai tahun 2016. Kepala Bagian Eco Framework SBU Sertifikasi dan Eco Framework (Serco) Sucofindo Supriyanto menjelaskan, Sucofindo merupakan lembaga audit Lingkungan Pertama yang telah teregistrasi di Kementerian LHK sebagai Lembaga Penyedia Jasa Audit Lingkungan Hidup.

Supriyanto mengatakan audit lingkungan merupakan salah satu instrumen untuk pengelolaan lingkungan hidup (LH). Sebagai instrumen pengelolaan LH, implementasi audit lingkungan meliputi audit penaatan lingkungan (Environmental Compliance Audit) yang merupakan satu jenis audit lingkungan yang bertujuan memastikan tingkat penaatan terhadap peraturan perundangan lingkungan serta Environmental Management System (EMS).

EMS ini dilakukan untuk menilai kesesuaian dan efektifitas penerapan sistem manajemen lingkungan (SML) suatu organisasi terhadap standar SML.

Selain itu Audit Pencemaran Lingkungan yang dilakukan untuk menilai tingkat pencemaran, dampak dan sebaran dari pencemaran yang dilakukan oleh perusahaan dan sebagainya.

Sebagai lembaga audit yang telah teregistrasi di Kementerian LHK, Sucofindo memiliki Auditor Lingkungan Utama, Auditor Lingkungan dan tenaga ahli yang kompeten di bidang Lingkungan.

“Ada 65 Kantor jasa yang terdiri dari 33 Cabang dan 32 Unit Layanan, serta 85 Spesifikasi Jenis Layanan. Sucofindo juga mempunyai 45 Laboratorium Terpadu dan sudah lebih dari 10.000 pelanggan menggunakan jasa Sucofindo” kata Supriyanto. (sak)