Surabaya North Quay Pelindo III Juara “PR”
JALAN-JALAN PERISTIWA

Surabaya North Quay Pelindo III Juara “PR”

Program Surabaya North Quay (SNQ) yang merupakan program public relations (PR) Pelindo III dinobatkan sebagai pemenang pertama di ajang kompetisi Program “PR” Inspirational, Indonesia Public Relations Awards & Summit (IPRAS) 2016 yang dihelat Serikat Perusahaan Pers (SPS).

Program SNQ berhasil menyisihkan 26 program “PR” dari 20 institusi yang turut serta dalam kompetisi tahunan tersebut. Bahkan untuk kategori Program “PR” BUMN, Pelindo III berhasil mengungguli Petrokimia Gresik yang ada di posisi kedua dan Pertamina di posisi ketiga.

SNQ merupakan program “PR” Pelindo III untuk menarik minat masyarakat Surabaya dan sekitarnya dengan memanfaatkan terminal penumpang Gapura Surya Nusantara di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

SNQ dikemas dengan menghadirkan daya tarik wisata bahari, kuliner tradisional, kesenian tradisional, live music, danberagam kegiatan lainnya. SNQ dapat dijadikan alternatif lokasi untuk menikmati keindahan Kota Surabaya.

Penyerahan penghargaan dilakukan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang kepada Direktur SDM dan Umum Pelindo III Toto Heli Yanto di Hotel Aston Semarang, Rabu (31/8) malam. Saut didapuk sebagai tamu kehormatan SPS pada kompetisi kehumasan yang telah memasuki tahun kelima tersebut.

Ketua Harian SPS Pusat Ahmad Djauhar mengatakan kompetisi Program “PR” Inspirational merupakan ajang yang ditujukan untuk mengukur tingkat kreatifitas suatu institusi dalam mengemas promosi kegiatan dan informasi di lingkungan kerjanya.

Program “PR” yang baik dan dikemas dengan cara kreatif akan mampu menyita perhatian masyarakat yang menjadi target dari promosi program yang dijalankan dan informasi yang di dalamnya.

“Saat ini banyak institusi dan korporasi yang sudah sadar pentingnya “PR” dalam sebuah organisasi. Selain itu hubungan yang baik dengan media juga perlu untuk dibangun. Tentunya media massa yang kredibel bukan yang abal-abal,” katanya.

Direktur SDM dan Umum Pelindo III Toto Heli Yanto menyambut baik penghargaan yang diberikan SPS kepada Pelindo III. Menurutnya penghargaan tersebut merupakan salah satu bukti Pelindo III memiliki SDM kreatif dan dapat diandalkan untuk menyampaikan informasi dan mempromosikan program-program perusahaan kepada masyarakat.

“Banyak hal yang harus kami sampaikan kepada masyarakat. Terlebih Pelindo III saat ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari program tol laut yang dijalankan pemerintah. Ini tugas besar bagi tim “PR” kami mengemas dengan baik agar mudah diterima masyarakat,” ujarnya.

Ketua Dewan Juri Program “PR” Inspirational Maria Wongsonagoro menyebut jika program SNQ yang diajukan Pelindo III memiliki kekuatan dalam menarik perhatian masyarakat. Pelindo III juga mampu menyelaraskan konsep yang diusung dalam SNQ dengan bisnis inti perusahaan.

Sehingga tujuan Pelindo III mengenalkan pelabuhan dan perusahaan kepada masyarakat dapat tercapai dengan baik. “Pelindo III mampu menarik perhatian masyarakat tanpa paksaan. Mereka datang ke SNQ dengan sendirinya. Selain perencanaan yang matang, pola komunikasi yang digunakan juga bagus,” terangnya.

Adapun dewan juri yang dipercaya SPS melakukan penilaian adalah Maria Wongsonagoro (President IPM Public Relations), Silih Agung Wasesa (Wakil Ketua Umum APPRI), Jannette Pinarya (London Schooll of Public Relations), Bambang Halintar (Wakil Pemimpin Umum Majalah SWA), dan Ariani Djalal (Tenaga Ahli Madya Kantor Staf Presiden).

Beberapa tokoh nasional turut hadir dalam acara penghargaan IPRAS 2016. Mereka adalah Menteri Pariwisata Arief Yahya, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Ketua Dewan Pers Indonesia Yosep Adi Prasetyo, dan Rektor Universitas Diponegoro Yos Johan Utama. (sak)