‘Surat Cinta’ Sri Mulyani
PEMERINTAHAN PERISTIWA

‘Surat Cinta’ Sri Mulyani

Setelah mendapatkan apresiasi langsung dari Presiden Joko Widodo, para petugas Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang telah terbukti berhasil menjalankan tugasnya dengan baik dalam program pengampunan pajak atau tax amnesty periode pertama yang berakhir Jumat (30/9) lalu, juga mendapatkan apresiasi melalui ‘surat cinta’ yang ditulis tangan langsung oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih atas kerja keras dan dedikasi luar biasa dalam menjalankan tugas melayani masyarakat yang ingin menggunakan hak pengampunan pajak,” tulis Sri Mulyani dalam surat tertanggal 30 September 2016 itu.

Menkeu menilai, para petugas pajak telah bekerja dengan sangat antusias pagi, siang, malam hingga dini hari terus-menerus berganti giliran, semua ikut terjun menangani antusiasme masyarakat yang membludak dengan penuh kesabaran, perhatian, senyum, semangat membantu, dan semangat untuk menunjukkan bahwa DJP adalah lembaga yang bisa dipercaya, disegani, dan dihormati oleh rakyat.

“Semoga hasil pencapaian tahap pertama, dan perhatian serta dukungan rakyat, Presiden, dan seluruh stakeholder pajak, dapat menjadi modal berharga bagi kita semua untuk membangun, mereformasi dan memperbaiki DJP agar semakin baik dan makin dipercaya sebagai tulang punggung Republik Indonesia,” tulis Sri Mulyani.

“Selamat sekali lagi atas capaian tahap pertama Pengampunan Pajak, dan kerja tim yang sangat baik,” lanjut Sri Mulyani.

Berdasarkan data yang bisa diakses pada http://pajak.go.id/statistik-amnesti total pencapaian deklarasi hingga batas akhir tahap pertama program tax amnesty adalah Rp 3.621 triliun, yang terdiri atas Rp 2.533 triliun deklarasi harta dalam negeri, dan Rp 951 triliun deklarasi harta di luar negeri. Adapun total dana repatriasi mencapai Rp 137 triliun, dan total uang tebusan mencapai Rp 97,2 triliun.

Sebelumnya saat meninjau hari terakhir pelaksanaan program pengampunan pajak tahap pertama di Kantor Pusat DJP, Jakarta, Jumat (30/9) malam, Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh wajib pajak, dunia usaha, dan masyarakat yang telah berpartisipasi dalam program tax amnesty tahap pertama ini.

“Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada seluruh petugas pajak, seluruh aparat pajak yang dalam 3 bulan terakhir ini betul-betul bekerja. Dalam sebulan terakhir ini bekerja sampai tengah malam, saya lihat sendiri,” ungkap Presiden.

Presiden mengaku telah menyampaikan ke Menteri Keuangan dan Dirjen Pajak agar para petugas pajak tersebut diberikan sebuah apresiasi karena telah memberikan pelayanan dan integritasnya dalam rangka program tax amnesty. (sak)