Tak Semua Pelumas Bisa Gaet Lamborghini
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

Tak Semua Pelumas Bisa Gaet Lamborghini

PT Pertamina telah bekerjasama dengan Lamborghini. Pertamina menjadi technical partner Lamborghini dalam balapan mobil-mobil Lamborghini dengan menyuplai pelumas. Pelumas itu adalah Fastron Platinum.

Menurut Direktur Sales & Marketing PT Pertamina Lubricants, Andria Nusa, pihaknya sudah mencari partner dengan produsen otomotif kelas dunia. Kolaborasi itu dilakukan untuk menaikkan brand Pertamina.

“Ini tidak mudah untuk mencari partner, karena umumnya pemain-pemain kelas dunia ini mereka sudah punya partnernya masing-masing. Tapi Alhamdulillah kita bisa terjadi kesepakatan,” kata Andria Nusa kepada media di Jakarta.

Dengan kerjasama ini, untungnya bagi Pertamina adalah menaikkan brand Pertamina. Sebab, kata Andria Nusa, tidak semua produsen pelumas bisa bekerja sama dengan perusahaan otomotif besar seperti Lamborghini.

“Mereka sangat selektif, juga uji coba kualitas sangat berat. Termasuk pengujian racing mereka. Jadi bagi kami ini merupakan suatu prestise dan saya yakin masyarakat akan menilai bahwa ini merupakan prestasi yang sangat baik. Dan masyarakat akan menjadi lebih percaya lagi dengan pelumas Pertamina,” ujar Andria Nusa.

Menurutnya, Lamborghini juga melihat Pertamina sebagai perusahaan besar di bidang pelumas. Dan setelah diuji, secara kualitas pelumasnya masuk persyaratan Lamborghini.

“Lambo sendiri melihat bahwa Pertamina ini adalah perusahaan yang besar di bidang pelumas, karena penjualan kita sangat tinggi, di dunia 20 besar untuk penjualan. Sehingga mereka percaya kepada Pertamina,” ujarnya.

Pihak Lamborghini juga melihat Pertamina sekarang sedang ekspansi ke luar negeri secara agresif, sekarang sudah masuk ke 18 negara. “Dan juga kualitasnya, mereka periksa bahwa kualitas Pertamina baik sehingga mereka percaya penuh bahwa Pertamina Lubricants ini sebagai partner yang andal bagi mereka,” kata Andria Nusa.

Sementara itu VP Sales & Marketing Pertamina Lubricants Syafanir Sayuti mengatakan, pelumas Pertamina yang cocok untuk supercar sekelas Lamborghini adalah Fastron Platinum.

“Di dalam negeri (yang pakai pelumas tersebut) umumnya Lamborghini. Tapi sekarang sudah banyak yang pakai seperti Toyota 86, Subaru dan sebagainya. Spefisikasi pelumas itu lebih mengutamakan ke performa,” ujar Syafanir. (sak/ist)