Tanjung Papuma Siap Sambut Wisatawan
JALAN-JALAN PERISTIWA

Tanjung Papuma Siap Sambut Wisatawan

Tanjung Papuma Kabupaten Jember, siap menyambut wisatawan yang akan menikmati keindahan panorama pantai saat libur lebaran tahun 2022

Diperkirakan libur lebaran tahun ini jumlah wisatawan akan membludak lebih banyak dibandingkan dengan libur lebaran tahun-tahun sebelumnya.

Dikarenakan selama dua tahun kebelakang pariwisata terdampak dengan adanya pandemi covid 19, sehingga wisatawan akan menyerbu tempat-tempat wisata untuk menjadi tujuan liburan keluarga.

Site Manager Wisata Tanjung Papuma KBM Ekowisata Jawa Timur Kuako Fitriyanto mengatakan, dalam libur lebaran tahun ini, pengelola wana wisata Tanjung Papuma melakukan pembenahan di beberapa spot menarik yang menjadi icon.

Antara lain Spot Siti Hinggil yang tidak berbayar (free), spot gua lowo, pantai malikan, ATV, wisata perahu yang berkolaborasi dengan para nelayan setempat untuk wisata mengelilingi pantai.

“Juga panorama sunset maupun sunrise, berkemping ria di pasir putih, menikmati sajian kuliner ikan laut di tempat-tempat mitra paguyuban masyarakat lokal, bermalam di Foresta Resort, serta menikmati sajian makanan dan minuman di cafe sampai malam hari,” katanya, Jumat (29/04).

Persiapan lainnya selama libur lebaran ini, pengelola Papuma telah menetapkan masa liburan mulai tanggal 30 April 2022 sd 16 Mei 2022 sebagaimana surat dari Kepala Divisi ekowisata Nomor : 0057/043.7/WISKOM/2022 tanggal 27 April 2022 tentang pelayanan masa libur lebaran tahun 2022.

Perhutani juga telah menandatangani MoU dengan Pemda Kabupaten Jember dalam hal mengkolaborasikan dan mengintegrasikan pariwisata alam yang dikelola perhutani pada wilayah hutan kabupaten Jember untuk turut mengembangkan pariwisata berupa pembangunan infrastruktur, fasilitas pengunjung, maupun investasi daya tarik lainnya selain pantai.

Sebagai tindaklanjut ditandatanganinya MoU, akan dilakukan Perjanjian kerjasama sebagai bentuk ikatan kerjasama, baik sharring input, sharring proses dan sharring output, sebagaimana telah dilakukan dengan Pemda kabupaten lainnya di Jawa Timur antara lain Pemkab Mojokerto, Pemkab Banyuwangi, Pemkot Batu dan pemkab lainnya.

Dalam MoU antara Perhutani dan Pemkab Jember, menitik beratkan adanya kolaborasi dan integrasi pengembangan wisata alam di sejumlah obyek wisata yang berada pada wilayah kabupaten Jember dan tidak terkait adanya kesepakatan program tiket masuk gratis pengunjung ke Tanjung Papuma.

Selama ini Tanjung Papuma telah berkontribusi membayar pajak sebagai bagian dari setoran Penerimaan Asli Daerah (PAD) ke kabupaten Jember, baik pajak hiburan atau tiket masuk sebesar 10%, pajak parkir sebesar 20%, dan pajak hotel sebesar 10%. (ist)