Taruna Transportasi Ikut Jaga Pemudik
PEMERINTAHAN PERISTIWA

Taruna Transportasi Ikut Jaga Pemudik

Taruna dari sekolah-sekolah transportasi di bawah Kementerian Perhubungan ikut serta dalam monitoring angkutan lebaran tahun 2016 (1437 H) yang dimulai sejak H-10 hingga H+10.

Mereka menyebar di posko-posko angkutan lebaran yang berada di terminal, stasiun, pelabuhan, serta bandara. Turut membantu dalam pelaksanaan ramp check angkutan, pendataan angkutan, kampanye keselamatan, hingga membantu memberi informasi kepada para pemudik.

Sesuai Instruksi Menhub No IM.15 Tahun 2016. Kegiatan monitoring angkutan lebaran ini merupakan tugas dari aparatur Kemenhub dalam mempersiapkan pelayanan angkutan lebaran baik kesiapan sarana dan prasarana, serta untuk lebih mendekatkan diri pada masyarakat sebagai pengguna jasa layanan angkutan.

Kegiatan ini merupakan kesempatan para taruna dalam mengimplementasikan ilmu yang mereka dapatkan dari sekolah sesuai matra yang mereka dalami yaitu darat, laut, dan udara. Selain itu kegiatan ini juga merupakan kesempatan bagi para taruna mengabdikan diri kepada masyarakat sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Salah satu bukti nyata adalah para taruna asal Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal yang turut serta dalam melakukan ramp check di terminal kota Tegal dan Slawi. Selain PKTJ Tegal juga menyediakan tempat peristirahatan, cek kesehatan, penyediaan ambulance, serta pemberian makanan dan minuman kepada para pemudik di Mess PKTJ Tegal.

Lain halnya dengan taruna Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Malahayati Aceh, mereka membantu para pemudik di Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh dan Pelabuhan Balohan Sabang.

Juga taruna Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BP2TD) Palembang membantu di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk, dan Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Kalian.(sak)