Timnas Sepakbola Amputasi Lolos Piala Dunia
OLAHRAGA PERISTIWA

Timnas Sepakbola Amputasi Lolos Piala Dunia

Presiden Joko Widodo menerima pengurus Persatuan Sepakbola Amputasi Indonesia (PSAI) dan para atlet serta pelatih tim nasional (timnas) sepakbola amputasi di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (21/09). Dalam sambutan pengantarnya, Presiden Jokowi mengaku senang atas prestasi lolosnya timnas sepakbola amputasi Indonesia ke Piala Dunia Sepak Bola Amputasi Tahun 2022.

“Saya sangat senang atas prestasi lolosnya dari kualifikasi di zona Asia Timur, sekali lagi selamat,” ujar Presiden Jokowi.

Piala Dunia Sepakbola Amputasi Tahun 2022 akan digelar di Istanbul, Turki, pada 1-9 Oktober 2022. Kepala Negara pun berpesan agar timnas sepakbola amputasi Indonesia dapat mempersiapkan diri dengan baik sehingga bisa menorehkan prestasi yang membanggakan bagi bangsa, negara, dan rakyat Indonesia.

“Sekali lagi saya titip bahwa Saudara-Saudara semuanya membawa nama negara, membawa nama Indonesia, sehingga persiapan yang baik, latihan yang baik dan penuh disiplin agar betul-betul nanti prestasinya betul-betul membanggakan seluruh rakyat kita,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga menyampaikan bahwa pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga telah menyiapkan semua kebutuhan dan fasilitas bagi timnas sepak bola amputasi Indonesia. Selain itu, Presiden juga akan menambah tambahan bekal bagi timnas sepakbola amputasi Indonesia selama berlaga di Turki nanti.

“Nambah sedikit untuk sangu Bapak, Ibu, sekalian ke pertandingan yang akan diadakan di Turki 1-9 Oktober nanti sebesar Rp500 juta, untuk sangu. Nanti kalau pulang juara, beda soal,” tandasnya.

Untuk diketahui, Indonesia melaju ke Piala Dunia Sepakbola Amputasi untuk pertama kalinya usai lolos babak kualifikasi di Bangladesh. Di Piala Dunia Sepakbola Amputasi 2022 yang akan berlangsung di Turki tersebut, timnas Indonesia akan bergabung di Grup C dan bersaing dengan Inggris, Argentina, dan Amerika Serikat.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. Adapun pengurus PSAI dan timnas sepakbola amputasi yang hadir antara lain Ketua Umum PSAI Yudi Yahya, Sekretaris Jenderal PSAI Rusharmanto, Pelatih Kepala Bayu Guntoro, dan para atlet sepakbola amputasi Indonesia. (sak)