Toilet Stasiun Cirebon Bak Hotel Bintang
PEMERINTAHAN PERISTIWA

Toilet Stasiun Cirebon Bak Hotel Bintang

Musim mudik tengah berlangsung, perusahaan jasa transportasi pun terus berbenah untuk membuat para pemudik merasa aman dan nyaman. Salah satunya yang dilakukan PT Kererta Api Indonesia (KAI) Daops III Cirebon.

Dalam memaksimalkan pelayanan saat mudik, KAI memaksimalkan fasilitas di area stasiun Kejaksan Cirebon, Jawa Barat. Perusahaan menyediakan fasilitas toilet sesuai standar hotel bintang 3.

Di dalam toilet stasiun terdapat kamar pembuangan air sesuai kebutuhan. Mulai dari berkebutuhan khusus hingga model toilet jongkok pun tersedia.

“Sudah satu minggu ini kami menambahkan fasilitas baru di stasiun dalam menyambut pemudik di Cirebon,” kata Kepala Humas Daop III Cirebon Eko S Mulyanto di sela acara tes urine masinis dan kondektur kereta api, Jumat (1/7).

Ruangan yang bersih dan luas, serta petugas yang selalu memantau kebersihan toilet menjadi perhatian Daops III Cirebon. Eko mengatakan, toilet yang bersih menjadi salah satu poin keberhasilan Daops III menyambut para pemudik maupun penumpang umum lainnya.

Selain menambah fasilitas toilet baru, dia menambahkan, pihaknya juga menyulap ruang tunggu menjadi lebih baik. “Ruang tunggu kami siapkan sofa, AC dan nuansa Cirebon dengan dinding yang bermotif batik,” tuturnya

Daops III Cirebon juga menyiapkan posko kesehatan yang disediakan bagi para pemudik yang menggunakan kereta api. Untuk mendapat fasilitas pelayanan kesehatan gratis di stasiun Kejaksan Cirebon, penumpang cukup menunjukkan tiket resmi saja.

“Resep dan obat kami sediakan. Kecuali untuk beberapa penyakit yang berat dan membutuhkan rujukan kami hanya berikan surat rujukan,” sambung dia.

Eko mengatakan, dalam mengawal kelancaran arus mudik, Daops III Cirebon juga memaksimalkan keamanan dengan bekerjasama TNI/Polri. Pihaknya juga menyiapkan petugas verifikasi tiket untuk membantu pengguna jasa kereta mendapatkan tiket resmi. (sak)