Unair Ambil Bagian Dalam UN Habitat
KOMUNITAS PERISTIWA

Unair Ambil Bagian Dalam UN Habitat

Kota Surabaya mendapat kehormatan menjadi tuan rumah acara Third Preparatory Committee (Prepcom3) for UN Human Settlements Programme (Habitat) III selama tiga hari 25–27 Juli 2016. Pada waktu-waktu tersebut, sekitar 2.460 peserta dari 136 negara datang ke Surabaya untuk sama-sama bertukar pikiran mengenai kota layak huni.

Konferensi tersebut merupakan sebuah forum bagi negara-negara yang memiliki kepedulian akan permasalahan perkotaan. Pada tahun 1976 UN Habitat I dilaksanakan di Vancouver, Kanada. Pada tahun 1976 UN Habitat II dilaksanakan di Istanbul Turki. UN Habitat III bakal dilaksanakan Oktober mendatang di Meksiko.

Sebagai bagian dari Surabaya dan ilmu pengetahuan, Universitas Airlangga ikut ambil peran dalam gelaran Prepcom3 for UN Habitat III. Di Unair, pada Kamis (28/7) mendatang pukul 09.00 – 12.00, menggelar seminar mengenai kota layak huni. Seminar diselenggarakan di dua fakultas, yakni Fakultas Hukum (FH) serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), pada waktu yang bersamaan.

Di FH Unair, seminar yang diselenggarakan bertema ‘Social Cohesion and Equity – Livable Cities and Urban Land’. Diskusi akan dilaksanakan di ruang 303 Boedi Soesetya, FH Unair. Di FEB Unair, akan diselenggarakan seminar dan pameran foto bertema ‘Urban Government and Municipal Finance’.

Menurut Wadek III FEB Unair Nisful Laila SE MCom selaku koordinator acara Prepcom3 di Unair, acara seminar telah dipersiapkan dengan lancar. “Karena ini seminar seperti biasa, maka kami sudah mempersiapkan semuanya,” tutur Nisful.

Nisful menambahkan, kedua seminar tersebut terbuka untuk umum. Jadi, seluruh sivitas akademika atau pun masyarakat umum bisa menambah pengetahuan seputar kota layak huni melalui seminar tersebut.

Ditemui pada kesempatan lain, Rektor Unair Prof Nasih berharap agar pelaksanaan acara Prepcom3 for UN Habitat III dapat berjalan dengan lancar dan tanpa halangan. (sak)