Universitas Brawijaya Juara (Lagi) PIMNAS
KOMUNITAS PERISTIWA

Universitas Brawijaya Juara (Lagi) PIMNAS

Universitas Brawijaya (UB) Malang akhirnya dinobatkan sebagai Juara Umum Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke-29 di Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun 2016, Kamis (11/8) malam. UB adalah sang juara bertahan yang berhasil mempertahankan prestasinya.

Dalam malam penutupan PIMNAS ke-29 di Graha Widya Wisuda IPB itu, UB berhasil menjadi Juara Umum dengan raihan 10 emas, 7 perak dan 5 perunggu. Peringkat kedua diraih Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogja disusul Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pada posisi keempat.

Pengumuman pemenang dilakukan sekitar pukul 23.00 WIB. Satu persatu pemenang disebutkan nama dan asal perguruan tingginya. Penonton bergemuruh setiap kampus kecintaannya mendapatkan kemenangan.

Tapi itu belum cukup, mahasiswa menunggu anugerah pamungkas, kampus manakah yang pulang membawa tropi bergilir Adhikarta Kertawidya yang tahun lalu diraih UB.

Juri membuat hadirin gelisah dengan mengumumkan peringkat dari 15 besar perguruan tinggi satu per satu. Semua fokus melihat layar besar di panggung. Daftar urutan berhenti pada peringkat ke 4 yang ditempati ITS.

Kemudian berturut-turut muncul Unair di peringkat kedua. Gemuruh makin ramai saat muncul nama UGM di peringkat dua. Sempat berhenti beberapa saat, baru muncul peringkat pertama, UB

Maka tahun ini Tropi Adhikarta Kertawidya kembali dibawa pulang ke kota Malang untuk kelima kalinya oleh kontingen dari UB. Mahasiswa kampus biru itu tumpah ruah ke panggung merayakan kemenangan. Euforia begitu tampak diraut wajah mereka.

PIMNAS yang merupakan ajang kompetisi nasional memilih kreatifitas dan inovasi terbaik anak-anak bangsa yang telah mencapai tahun ke-29. Mahasiswa dari seluruh Indonesia menampilkan gagasan, konsep, dan hasil penelitiannya dalam sebuah Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang kemudian dinilai juri.

Ada tujuh jenis PKM yang dikompetisikan dalam dua kategori: Poster dan Presentasi. Ketujuh jenis PKM adalah PKM-P (Penelitian), PKM-T (Terapan Teknologi), PKM-M (Pengabdian Masyarakat), PKM-KC (Karsa Cipta), PKM-AI (Artikel Ilmiah), dan PKM-GT (Gagasan Tertulis).

Tahun ini, PIMNAS mengambil tema ‘Dengan Semangat Kebersamaan dan Persatuan Mahasiswa Indonesia Menciptakan Karya Kreatif dan Inovatif Untuk Kejayaan Bangsa’. Sedikit perbedaan dari PIMNAS sebelumnya, tahun ini mengadakan pameran di luar ruang dan mengadakan stadium generale yang mendatangkan pengusaha nasional, Chairul Tanjung.

Tidak hanya itu PIMNAS ke-29 juga mengadakan agenda penunjang yang berusaha mempertemukan antara mahasiswa dengan pihak investor potensial melalui PIMNAS Investment Summit yang melibatkan 77 Perusahaan dengan 68 tim yang menjadi peserta. Pimnas ke-29 diikuti 460 tim PKM dari 145 Perguruan Tinggi baik PTN maupun PTS dengan total 1947 Mahasiswa. (sak)

Peringkat PIMNAS ke-29 di IPB 2016 :
1. Universitas Brawijaya
2. Universitas Gadjah Mada
3. Universitas Airlangga
4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
5. Institut Teknoogi Bandung
6. Universitas Indonesia
7. Universitas Udayana
8. Institut Pertanian Bogor
9. Universitas Diponegoro
10. Universitas Negeri Medan
11. Universitas Muslim Indonesia
12. Universitas Negeri Malang
13. Universitas Negeri Semarang
14. Universitas Islam Indonesia
15. Universitas Negeri Yogyakarta