Wakil UGM Sabet Best Delegate di Malaysia
KOMUNITAS PERISTIWA

Wakil UGM Sabet Best Delegate di Malaysia

Angelo Abil Wijaya, mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional UGM angkatan 2015 mengukir prestasi kancah internasional. Pada Asia Pacific Model United Nations Conference (AMUNC 2016) yang diadakan 11-16 Juli silam, Angelo diberi penghargaan sebagai Best Delegate.

Pada acara yang digelar di Hotel Istana Kuala Lumpur, Malaysia tersebut, Angelo menjadi delegasi Republik Indonesia di sidang ASEAN (Association of Southeast Asian Nations).

Angelo mengatakan bahwa Asia Pacific Model United Nations Conference tahun ini dihadiri lebih dari 400 siswa dan mahasiswa dari seluruh region Asia Pasifik.

Beberapa diantaranya berasal dari negara-negara di Asia Timur seperti Tiongkok, Jepang, Taiwan dan Korea Selatan. Ada pula yang berasal dari negara-negara di Asia Timur seperti India, Pakistan dan Bangladesh.

Selain berasal dari negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand dan Myanmar, konferensi ini juga dihadiri siswa dan mahasiswa dari Australia dan bahkan Mauritius.

“Dalam Model United Nations, kami diharapkan berpartisipasi secara aktif dalam berdiskusi mengenai isu-isu global yang secara rutin dibahas di sidang-sidang PBB,” papar Angelo, Kamis (21/7) lalu seperti dirilis Humas UGM.

Ia menjelaskan banyak sekali yang dapat dan dipelajari dari Model United Nations. Antara lain kemampuan riset, kemampuan menulis, negosiasi, berbicara dihadapan publik dan juga diplomasi.

Model United Nations merupakan platform yang baik bagi generasi muda untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, terutama meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris karena bahasa pengantar resmi di Model United Nations adalah Bahasa Inggris.

Sebagai satu-satunya perwakilan dari UGM, Angelo mewakili organisasi yang juga dipimpinnya sejak bulan Mei 2016, UGM MUN Community. Pada kegiatan tersebut ia mempresentasikan tentang Civil Rights Situation in Cambodia and Electoral Integrity in Southeast Asia.

Selain aktif menjadi President UGM MUN Community, Angelo juga berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan serupa. Pada Mei lalu, Angelo menjadi delegasi UGM dan juga Indonesia dalam Southeast Asia Movement Conference yang diadakan di National University of Singapore bekerjasama dengan Yale University.

Gelar Best Delegate ini merupakan penghargaan internasionalnya yang kedua tahun ini setelah mendapat penghargaan The Most Outstanding Delegate pada Nottingham University Model United Nations Champions Cup pada Februari lalu. (sak)