Walikota Risma Cat Lagi Kampung Bulak
PEMERINTAHAN PERISTIWA

Walikota Risma Cat Lagi Kampung Bulak

Untuk mempercantik wilayah Bulak Kota Surabaya, Walikota Surabaya Tri Rismaharini kembali melakukan pengecatan massal, Sabtu (10/9) pagi. Pengecatan dilakukan di kampung Gang Lebar RW3 Sukolilo Lor Kelurahan Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak.

Mengenakan kaos lengan panjang warna ungu dengan kombinasi jilbab senada, walikota hadir di kampung padat penduduk, pukul 07.00 wib. Tanpa upacara dan seremonial, orang nomor satu di Surabaya langsung terjun mengecat rumah salah satu warga.

Praktis, warga yang tadinya hanya berdiri spontan ikut mengecat rumah mereka masing-masing bersama walikota perempuan pertama di Surabaya. Sebelum melakukan pengecatan, Risma —panggilan akrabnya— sempat meminta ijin pada salah satu pemilik rumah.

Hanya ada dua warna yang dipakai mengecat rumah warga kampung nelayan itu. Oranye dan biru muda. Risma memang sempat menanyakan apakah hanya dua warna itu saja yang disiapkan pihak panitia. Ketika tahu memang dua warna oranye dan biru, Risma tak banyak bertanya lagi.

Walikota dengan sederet penghargaan itu kembali meneruskan pekerjaannya mengecat bareng warga. Camat Bulak Suprayitno mengatakan, pengecatan itu dilakukan sudah yang ketiga kalinya, sejak bulan Mei lalu.

“Pengecatan rumah warga secara gratis ini memang kita fokuskan pada perumahan warga yang ada di perkampungan nelayan,” katanya di sela-sela acara.

Tujuannya selain mempercantik kampung, pengecatan juga untuk mengubah image kampung nelayan yang sebelumnya kumuh menjadi tampak bersih, berseri dan berwarna.

“Kita kan semua tahu, image kampung nelayan itu kumuh. Sekarang kita ubah image itu menjadi kampung nelayan yang bersih, berseri dan tentu saja berwarna,” kata Prayit, sapaan akrabnya.

Sebelum mencat di Sukolilo Lor, menurut Prayit, pengecatan dilakukan pada 250 rumah warga kampung nelayan Kedung Cowek. Pengecatan pertama itu dilakukan bersamaan dengan pembukaan Bulak Festival. Kedua pengecatan pada 200 rumah nelayan di kampung Kenjeran. “Saat ini kita cat 150 rumah warga di Kelurahan Sukolilo Baru,” terangnya.

Selain Risma, hadir juga Presiden Direktur PT HM Sampoerna Paul Janelle dan Henny Susanto Head of Stakeholder & Regional Relations and CSR serta 1 pleton Kodim Surabaya Timur. Selain itu tentu saja karyawan dan karyawati Kantor Kecamatan Bulak dengan 4 kelurahan bersama ratusan warga. (sak)