Dicari, Orang Tua Asuh Satwa
KOMUNITAS PERISTIWA

Dicari, Orang Tua Asuh Satwa

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama rombongan menggelar Gowes To Zoo. Berangkat dari Kantor Balai Kota Surabaya itu, sekitar pukul 06.00 Wib menuju Perusahaan Daerah (PD) Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya (KBS), Minggu (21/03) pagi.

Pada kesempatan itu, hadir pula Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Surabaya, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), direktur perusahaan, rektor perguruan tinggi negeri dan swasta serta pimpinan bank di Kota Pahlawan.

Kali ini, Cak Eri sapaan akrab Wali Kota Eri Cahyadi melewati rute Jalan Pemuda – Panglima Sudirman – Urip Sumoharjo – Dr Soetomo – Diponegoro hingga tiba di Kebun Binatang Surabaya (KBS). Di sepanjang perjalanan, ia terlihat begitu menikmati keindahan kota dan segarnya udara pagi.

Namun tiba-tiba, ayuhan sepedanya terhenti, ketika Cak Eri melihat seorang bapak lansia tepat di depannya mengendarai becak motor (bentor) di Jalan Urip Sumoharjo. Seketika, Cak Eri memanggil lalu turun dari sepedanya dan berbincang dengan bapak tersebut “Bapak mau kemana kok pagi-pagi? bekerja dimana?” kata Cak Eri.

Tidak berhenti sampai di situ, Cak Eri langsung memanggil ajudannya untuk mendata warga tersebut. Bahkan saat berbincang sekitar 15 menit itu, dengan penuh perhatian Cak Eri meminta kepada jajarannya agar segera ditindaklanjuti. “Bapak kami data ya. Sehat-sehat ya pak. Lancar semuanya,” urai dia.

Setiba digaris finish KBS, orang nomor satu di Kota Pahlawan ini menyempatkan diri memparkir sepedanya untuk berswa foto di spot yang bertuliskan Selamat Datang di KBS.

Kemudian, dia menerima kalung simbol selamat datang dari gajah bernama Gonzales yang lahir di Kota Pahlawan. Bahkan, menariknya rombongan juga disambut dengan sebuah pertunjukkan selamat datang dari karyawan KBS yang diikuti langsung oleh dua gajah yang terlihat berlenggak-lenggok sangat lincah.

Dalam kesempatan itu, Cak Eri mengatakan manusia hidup di dunia tidak hanya memiliki cinta kasih sesama manusia saja, tetapi penting pula cinta dan mengasihi makhluk hidup satwa. Oleh karena itu, kedatangannya mengajak undangan untuk menjadi Orang Tua Asuh (OTAS) dari koleksi satwa di KBS.

“Kita tahu Surabaya itu gotong royong. Apalagi ada legislatif dan eksekutif yang menunjukkan kesinambungan luar biasa. Matur nuwun,” lanjutnya.

Sementara itu, Direktur Kebun Binatang Surabaya, Khoirul Anwar mengatakan, saat ini bersepeda menjadi tren yang yang digemari masyarakat berbagai kalangan dan usia. Oleh sebab itu pihaknya juga meluncurkan program gowes di dalam KBS.

“Ini rutin dilakukan setiap akhir pekan dan hari besar. Alhamdulillah masyarakat antusias sekali. Ada warga yang sepedanya dimasukkan di dalam mobil lalu digunakan di dalam KBS,” Pungkasnya. (ita)