Eri Ajak Sinergi Forkom LPMK
KOMUNITAS PERISTIWA

Eri Ajak Sinergi Forkom LPMK

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, membuka langsung Rapat Kerja (Raker) dan Sarasehan Forum Komunikasi (Forkom) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Tahun 2021, Sabtu (20/03). Raker ini dilaksanakan di Balai Diklat Pegawai Pemkot Surabaya, Jalan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur.

Mengambil tema “Meneruskan Kebaikan Maju Terus Suroboyo” Raker berlangsung dua hari, yakni pada 20-21 Maret 2021. Sedangkan pelaksanaannya, dilakukan secara hybrid. Yaitu, offline dan online yang diikuti via daring oleh seluruh Forkom LPMK dari 31 kecamatan Surabaya.

Dalam sambutannya, Cak Eri, sapaan lekat Wali Kota Surabaya menyampaikan, bahwa pemkot tidak bisa sendiri dalam mengatasi sebuah permasalahan di masyarakat. Sebab, keberhasilan menangani sebuah masalah itu ketika perwakilan masyarakat menjadi bagian dari pemerintah.

“Salah satu perwakilan masyarakat adalah LPMK Surabaya. Karena itu saya sampaikan seluruh kelurahan harus ada tempat atau meja untuk LPMK. Karena ini yang mendekatkan pemerintah dengan warganya,” kata Cak Eri mengawali sambutannya.

Selain itu, dia menyatakan bahwa pemerintah tidak mungkin turun ke bawah untuk menyelesaikan masalah tanpa dibantu LPMK. Karenanya, jika ada permasalahan atau kebutuhan di masyarakat, Cak Eri berharap agar LPMK dapat menyampaikannya kepada Pemkot Surabaya.

“Permasalahan apa yang dibutuhkan warga panjenengan (anda), harus disampaikan kepada kami. Teman-teman ini semua adalah orang-orang hebat yang membantu Pemkot Surabaya,” ujarnya.

Dia menuturkan, bahwa LPMK adalah salah satu keluarga besar dan bagian dari Pemkot Surabaya. Sehingga tidak ada batasan antara LPMK dan pejabat Pemkot Surabaya.

Maka dari itu, dia ingin ke depan agar sikap gotong-royong dan sinergi bersama ini harus terus dilakukan untuk menyelesaikan berbagai masalah yang muncul di Surabaya. “Tidak ada yang paling hebat, tidak ada yang paling pintar di Surabaya. Kita bisa hebat dan pintar karena dengan cara gotong-royong,” kata dia.

Di sisi lain, dia juga ingin ke depannya Forkom LPMK ini dapat terus bersinergi bersama pemerintah. Baik dalam hal yang menyangkut kesejahteraan warga, maupun pembangunan di Kota Surabaya. Melalui sinergitas itu, Cak Eri yakin bahwa Surabaya akan menjadi kota yang Baldatun Toyyibatun Warobbun Ghafur.

“Karena tujuan kita adalah untuk rakyat Surabaya, untuk kesejahteraan umat Surabaya. Kami support betul LPMK, kami hadir di sini karena pemkot tidak akan menjadi sempurna kecuali karena bantuan panjenengan (anda) semuanya,” pesan dia.

Di akhir sambutannya, Cak Eri pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh Forkom LPMK se-Surabaya. Baik yang hadir secara langsung dalam acara Raker, maupun mengikuti melalui daring. “Terima kasih yang sebesar-besarnya. Saya titip warga Surabaya,” tutur dia.

Di tempat yang sama, Ketua Forkom LPMK Kota Surabaya, Moch Unsi Fauzi dalam laporannya mengatakan, bahwa Raker yang digelar offline di Balai Diklat ini, diikuti sebanyak 50 peserta. Terdiri dari Forkom LPMK serta Koordinator LPMK Kecamatan. Sementara untuk peserta lainnya mengikuti melalui daring.

“Kami jajaran LPMK di 154 kelurahan siap mengawal dan mensukseskan segala kebijakan yang akan Bapak Wali Kota jalankan di Kota Surabaya,” kata Unsi Fauzi.

Menurut dia, dengan semakin sinerginya Forkom LPMK dan pemerintah, pihaknya yakin ke depan pembangunan di Kota Surabaya akan semakin meningkat. Hal ini sebagaimana slogan dari LPMK ‘Maju Terus Surabaya’. “Kami mewakili teman-teman LPMK Surabaya menyampaikan terima kasih,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pada Raker dan Sarasehan Forkom LPMK Tahun 2021 yang berlangsung offline tersebut, juga dihadiri beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Surabaya. Di samping itu, ada pula Ketua DPRD Kota Surabaya, Adi Sutarwijono, yang turut hadir untuk mengisi materi acara. (ita)