Peluncuran Billboard Indonesia Top 100
HIBURAN

Peluncuran Billboard Indonesia Top 100

Angin segar berhembus dari dunia musik Indonesia. Billboard yang telah hadir di Indonesia sejak 30 November 2018 akhirnya meluncurkan program terbaru yakni Billboard Indonesia Top 100.

Peluncuran program tersebut dihadiri oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf. Kepala Bekraf menjadi tokoh penting dalam acara tersebut, mengingat musik merupakan salah satu subsektor ekonomi kreatif yang ditangani oleh Bekraf.

Billboard Indonesia Top 100 adalah program terbaru yang diluncurkan oleh Billboard Indonesia, berupa daftar lagu-lagu terkini paling populer tiap minggu dari artis dan musisi Indonesia di semua lintasan genre.

Posisi lagu di Billboard Indonesia Top 100 ditentukan oleh beragam data, mulai dari platform streaming musik, posisi grafik mingguan, pemutaran radio mingguan, pemirsa platform streaming video, dan pemutaran mingguan di jaringan karaoke di Indonesia.

Bertempat di Ocha & Bella Hotel Morrissey, Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta, acara Peluncuran Billboard Indonesia Top 100 diselenggarakan pada Rabu (25/9/2019).

Triawan hadir sebagai tamu sekaligus narasumber dalam sesi diskusi peluncuran Billboard Indonesia Top 100. Menurut Triawan, program seperti Billboard Indonesia Top 100 bisa mendukung perkembangan ekosistem musik di Indonesia.

“Pemerintah akan selalu mendukung kegiatan seperti Billboard Indonesia Top 100. Chart ini akan berguna bagi berbagai macam pihak, termasuk musisi. Diharapkan semua pihak juga bisa membantu untuk mempopulerkan lagu-lagu Indonesia seperti Billboard Indonesia Top 100,” ujar Triawan.

Selain Triawan, hadir pula beberapa tokoh penting di industri musik Indonesia yang menjadi narasumber dalam sesi diskusi di acara tersebut.

Diantaranya adalah Chief Operating Officer Billboard Indonesia Aldo Sianturi, President Director dan CEO PT Melon Indonesia Dedi Suherman, Ketua Umum Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI) Gumilang Ramadhan, Musisi Indonesia Rian D’Masiv, serta Aktris sekaligus Penyanyi Nagita Slavina.

Menurut Aldo Sianturi, Billboard Indonesia Top 100 bisa berguna untuk berbagai macam pihak. Contohnya untuk musisi, Billboard Indonesia Top 100 akan menjadi barometer penting untuk mereka.

“Tangga lagu ini menjadi referensi bagi pasar di Indonesia untuk mengukur popularitas dari suatu lagu,” ujarnya.

Dari keterangan Aldo, pihak Billboard bersepakat untuk membatasi pilihan lagu yang masuk ke dalam chart, yaitu hanya lagu-lagu yang memiliki Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

“Penting sekali bagi musisi Indonesia untuk menunjukkan nasionalisme lewat karya. Asal ada Bahasa Indonesia, lagunya Rich Brian yang mengandung kata ‘tu wa ga pat’ bisa tetap masuk ke dalam chart,” kata Aldo.

Selain diskusi antar narasumber, di acara peluncuran Billboard Indonesia Top 100 terdapat pula Ceremonial Launching dan potong tumpeng.

Pada saat Ceremonial Launching, diketahui bahwa lagu yang menduduki posisi nomor 1 di Indonesia adalah lagu Cinta Karena Cinta dari Judika. Billboard Indonesia Top 100 sudah bisa diakses oleh umum lewat situs billboardid.com. (ist)