10 Desa Wisata Terbaik di Jatim 2022
JALAN-JALAN PERISTIWA

10 Desa Wisata Terbaik di Jatim 2022

Sepuluh desa wisata mendapatkan penghargaan dalam ajang Festival Dewi Cemara (Desa Wisata Rakyatnya Cerdas Mandiri Sejahtera) tahun 2022 Provinsi Jawa Timur yang digelar di Anjungan Cerdas, Kecamatan Tugu, Trenggalek, 2-3 Nopember 2022.

Festival Dewi Cemara 2022 yang merupakan inisiasi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur ini merupakan ajang tahunan yang bertujuan untuk memacu pengembangan dan promosi desa wisata Jawa Timur agar menjadi desa wisata yang rakyatnya cerdas, mandiri dan sejahtera.

Sepuluh desa wisata yang yang dianugerhasi penghargaan di Festival Dewi Cemara Tahun 2022 tersebut adalah Desa Wisata Tirta Agung Kabupaten Bondowoso, Desa Wisata Sendang Kabupaten Tulungagung, Desa Wisata Keling Kabupaten Kediri, Desa Wisata Klatakan Kabupaten Situbondo, dan Desa Wisata Kuningan Kabupaten Blitar

Selanjutnya Desa Wisata Doudo Kabupaten Gresik, Desa Wisata Durensari Kabupaten Trenggalek, Desa Wisata Ketapanrame Kabupaten Mojokerto, Desa Wisata Sumorobangun Flower Kabupaten Ponorogo dan Desa Wisata Pandanrejo Kota Batu.

Atas prestasi yang dicapai sepuluh desa wisata ini, secara khusus Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan selamat dan juga rasa bangganya.

“Penghargaan yang berikan pada 10 desa wisata di atas merupakan apresasiasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk Desa Wisata yang telah berhasil mengelola Desa Wisata nya dengan baik dan berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tegas Gubernur Khofifah, di Grahadi, Minggu (06/11).

Ke sepuluh desa wisata tersebut mendapatkan sertifikat dan prasasti dari Gubernur Khofifah Indar Parawansa yang diserahkan langsungnoleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur Benny Sampirwanto mewakili Gubernur Jawa Timur.

“Ke Sepuluh desa wisata penerima penghargaan ini adalah desa wisata yang telah berhasil mentransformasi desanya menjadi destinasi wisata yang cerdas, mandiri dan juga sejahtera,” tegas Khofifah.

Lebih lanjut mantan Menteri Sosial ini menjelaskan, Desa Wisata adalah salah satu pintu masuk yang mampu mengantarkan masyarakat menuju kesejahteraan.

Sebab, dikatakan Khofifah cara yang cukup cepat dalam meningkatkan Kesejahteraan suatu daerah adalah dengan mendongkrak mpengembangan pariwisata.

“Maka pesan saya bagi yang sudah mendapatkan penghargaan, jangan lalu berpuas diri dan berhenti. Bagi semua desa wisata di Jatim terus kembangkan potensi dan promosi desa wisata agar bersama sama kita mampu mewujudkan masyarakat desa yang sejahtera,” tandasnya. (ita)