Bangun Papua Youth Creative Hub
KOMUNITAS PERISTIWA

Bangun Papua Youth Creative Hub

Presiden Joko Widodo melakukan groundbreaking Papua Youth Creative Hub di Distrik Abepura, Kota Jayapura, Provinsi Papua, pada Sabtu (02/10). Presiden berharap kehadiran Papua Youth Creative Hub dapat menjadi motor penggerak sekaligus pusat pengembangan talenta di Papua.

“Ini sangat bagus, sehingga kita harapkan nanti Papua Youth Creative Hub ini bisa menjadi motor penggerak, bisa menjadi pusat pengembangan talenta-talenta hebat di Tanah Papua, menjadi pusat kreatif anak-anak muda Papua dalam memperkuat ekosistem inovasi yang ada,” ujar Presiden dalam sambutannya.

Rencana pembangunan Papua Youth Creative Hub ini merupakan tindak lanjut pertemuan Presiden Joko Widodo dengan sejumlah anak muda Papua pada September 2019 lalu. Kemudian, saat meresmikan Jembatan Youtefa di Kota Jayapura pada 28 Oktober 2019 lalu, Presiden juga mengapresiasi pencanangan Papua Muda Inspiratif, termasuk pembangunan Papua Youth Creative Hub.

Kepala Negara meyakini bahwa masih banyak potensi yang belum tergali dan belum dikembangkan di Papua maupun Papua Barat. Menurutnya, banyak bibit unggul maupun talenta Papua yang sangat baik di berbagai bidang.

“Banyak bibit-bibit unggul maupun talenta-talenta yang sangat baik di bidang sains, seni budaya, maupun di bidang olahraga dan ini menjadi tugas besar kita semuanya untuk menyiapkan manajemen yang baik, manajemen talenta yang baik, yang tertata, dan tadi sudah disampaikan bahwa yang berkumpul di Papua Muda Inspiratif ini bukan hanya ratusan tapi sudah ribuan,” jelasnya.

Dalam rencana pembangunannya, Papua Youth Creative Hub akan mewadahi berbagai talenta seperti petani-petani milenial, ekosistem digital, hingga pengembangan riset dan inovasi. Presiden meyakini, masa depan Papua dan masa depan Indonesia ada di Papua Youth Creative Hub.

“Kita harapkan nanti di akhir 2022 sudah selesai langsung lembaganya siap dan kita harapkan dalam waktu yang sangat cepat betul-betul melakukan pengembangan SDM di Tanah Papua yang kita cintai,” imbuhnya.

Sejumlah fasilitas yang direncanakan dibangun di Papua Youth Creative Hub antara lain co-working space, ruang untuk teknologi pembelajaran, teknologi digital, ruang konser, ruang untuk inovasi-inovasi produk, serta asrama dan fasilitas olahraga.

“Saya kira ini sudah sangat integrated dan kita harapkan untuk betul-betul nanti tempat ini menjadi sebuah pondasi bagi masa depan Papua dan masa depan Indonesia di masa-masa yang akan datang, serta dalam memulai membangun perusahaan-perusahaan start-up dari Tanah Papua yang hebat,” tandasnya.

Selain melakukan groundbreaking, pada kesempatan tersebut Presiden juga meninjau sejumlah stan pameran yang dihadirkan.

Stan-stan tersebut berisi berbagai inovasi, komunitas, hingga produk karya anak-anak muda Papua, yaitu stan industri kreatif, stan teknologi digital, stan sosial budaya dan literasi, stan usaha mikro, kecil, dan menengah, serta stan pertanian, peternakan, dan perikanan.

Turut hadir dalam acara tersebut yaitu Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano, dan Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar. (sak)