Bantuan 5 Unit ATV dari HM Sampoerna
JALAN-JALAN PERISTIWA

Bantuan 5 Unit ATV dari HM Sampoerna

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menerima bantuan 5 unit ATV dari PT HM Sampoerna Tbk di halaman Balai Kota Surabaya, Jumat (30/12).

Bantuan atau CSR itu diserahkan langsung oleh Kepala Hubungan Regional dan Berkelanjutan PT HM Sampoerna Tbk Kukuh Dwi Kristianto dan diterima langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Bahkan, saat itu Eri langsung mencoba ATV itu di halaman Balai Kota Surabaya.

Pada kesempatan itu, Eri menyampaikan terimakasih banyak kepada PT HM Sampoerna Tbk karena sudah memberikan bantuan 5 unit ATV. Ia berkali-kali menyampaikan terimakasih karena ini bukan bantuan pertama kali kepada Pemkot Surabaya, namun sudah yang ke sekian kalinya PT HM Sampoerna memberikan bantuan kepada pemkot. 

“Saya sampaikan matur nuwun sanget (terimakasih banyak) karena PT HM Sampoerna sudah ikut membantu membangun Surabaya. Ini bukan bantuan yang pertama, tapi sudah yang ke sekian kalinya,” kata Eri. 

Menurutnya, bantuan 5 unit ATV ini akan dipakai di Wisata Mangrove Gunung Anyar. Sebab, nanti di tahun 2023, Wisata Mangrove Gunung Anyar akan disulap menjadi tempat wisata dan tempat penelitian atau edukasi, karena di sana ternyata ada 57 spesies berdasarkan temuan dari BRIN.

“Bahkan, mereka juga sempat memberikan apresiasi karena ternyata di sana satu-satunya yang terdiri atas 57 spesies dan itu ada di kota Surabaya. Karena itulah kita ingin mengembangkan Wisata Mangrove Gunung Anyar menjadi tempat wisata dan tempat edukasi. Nanti di sana akan lengkap semuanya, sehingga akan lebih nyaman berada di sana, apalagi nanti akan kita tambah dengan ATV yang dibantu oleh Sampoerna ini,” katanya. 

Ia juga bersyukur karena ketika Pemkot Surabaya memikirkan untuk mengembangkan Mangrove Gunung Anyar dan memikirkan untuk berputar di area mangrove dengan menggunakan ATV, ternyata didengar oleh PT HM Sampoerna dan langsung diberikan CSR-nya.

Ia juga memastikan bantuannya itu akan bermanfaat bagi warga Kota Surabaya, karena nantinya di mangrove itu akan sama dengan di Wisata Romokalisari Adventure Land.

“Jadi, nanti keluarga yang tidak mampu atau keluarga miskin akan kita pekerjakan di sana, dan semua hasilnya akan kita bagikan kepada masyarakat yang kurang mampu itu sebagai tambahan penghasilan mereka, sebagai padat karya di tempat tersebut,” ujarnya. 

Oleh karena itu, ia mendoakan semoga apa yang telah dilakukan oleh PT HM Sampoerna ini dicatat oleh Allah sebagai amal jariyah. Ia juga menunjukkan bahwa di masa kepemimpinan Wali Kota Eri, semua stakeholder dan semua elemen masyarakat ikut terlibat dan berperan dalam membangun Surabaya. 

“Makanya, Surabaya ini berkembang sangat pesat, penuh rukun dan berkembang seperti ini bukan hanya karena pergerakan pemerintahannya saja, tapi juga karena semua elemen masyarakatnya dan semua stakeholdernya ikut membantu. Sekali lagi matur nuwun PT HM Sampoerna,” katanya. 

Eri juga berharap apa yang sudah dilakukan oleh PT HM Sampoerna ini bisa dicontoh oleh para pengembang dan perusahaan lainnya yang ada di Kota Surabaya. “Ayo kita bersama-sama membangun Kota Surabaya untuk saling memberikan yang terbaik bagi warga Kota Surabaya,” imbuhnya. 

Sementara itu, Kepala Hubungan Regional dan Berkelanjutan PT HM Sampoerna Tbk Kukuh Dwi Kristianto mengatakan sebagai warga usaha yang baik di Kota Surabaya, dan sebagai warga yang dipimpin oleh Wali Kota Eri, tentunya perusahaannya ingin melakukan yang terbaik juga untuk Surabaya. Salah satu tolong menolong dan gotong royong itu dilakukannya melalui program CSR.

“Makanya, ketika kami melihat ada kebutuhan bahwa Pemkot Surabaya sedang ingin mengembangkan wisata mangrove, kami ikut serta ambil bagian untuk memberikan ATV. Kami berharap ini bisa turut mengurangi kemiskinan di Surabaya, karena seperti yang disampaikan Pak Wali bahwa ini akan digunakan untuk padat karya bagi warga kurang mampu. Semoga bermanfaat dan bisa mengurangi kemiskinan,” pungkasnya. (ita)