Desain Kalimas Diubah Lebih Mempesona
JALAN-JALAN PERISTIWA

Desain Kalimas Diubah Lebih Mempesona

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyambut dengan hangat kedatangan Kepala Dinas PU Sumber Daya Air Provinsi Jawa Timur Muhammad Isa Anshori bersama Representative Kerjasama di Sektor Air Indonesia-Belanda Dr Rien AC Dam di ruang kerja Wali Kota Surabaya, Selasa (18/10).

Saat itu, mereka berdiskusi untuk melakukan kerjasama demi menggerakkan Kalimas, supaya lebih cantik dan kian mempesona.

Seusai pertemuan itu, Wali Kota Eri menjelaskan bahwa pada saat peresmian susur sungai Kalimas, ia mengajak Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa untuk melihat keindahan sungai Kalimas.

Bahkan, saat itu Gubernur Khofifah langsung memanggil Kepala Dinas PU Sumber Daya Air Provinsi Jawa Timur Muhammad Isa Anshori dan memintanya untuk meminta bantuan dari Pemerintah Belanda dalam menggerakkan Kalimas menjadi studi.

“Setelah pertemuan itu, ternyata Pak Isa dan timnya serta Pak Rien A.C. Dam ini berangkat ke Belanda, akhirnya ada studi yang dibiayai oleh Kementerian PUPR. Nah, studi itulah nanti yang akan kita terapkan di Kalimas ke depannya,” kata Wali Kota Eri.

Sebenarnya, lanjut dia, jajaran Pemkot Surabaya sudah menyiapkan desain untuk mempercantik dan menyempurnakan sungai Kalimas itu. Namun, karena ada hasil studi dari Belanda, akhirnya nanti pemkot akan menggelar Focus Group Discussion (FGD) untuk bersama-sama membahas dan saling menyempurnakan desain Kalimas ke depannya.

“Setelah ini kita akan menggelar FGD, kita juga akan panggil dari berbagai perguruan tinggi, berbagai pakar untuk bersama-sama menyempurnakan desain Kalimas, sehingga ke depan Kalimas di Surabaya ini bisa menjadi heritage sampai ke Jembatan Merah dan Pasar Ikan Pabean,” tegasnya.

Oleh karena itu, ia semakin menyadari bahwa Pemkot Surabaya tidak bisa berjalan sendirian dalam membangun Surabaya, khususnya Kalimas. Menurutnya, dengan adanya sinergi dengan Pemprov Jatim, PUPR dan Pemerintah Belanda diharapkan bisa semakin menggerakkan sungai Kalimas menjadi tempat wisata dan tempat heritage. “Saya kata, matur nuwun sanget Bu Gubernur (terimakasih banyak Bu Gubernur),” katanya.

Sementara itu, Representative Kerjasama di Sektor Air Indonesia-Belanda Dr Rien .. Dam yang saat itu menjabarkan berbagai potensi Kalimas juga menyampaikan terimakasih kepada Wali Kota Eri yang telah menyambutnya dengan hangat. Menurutnya, dalam rangka kerjasama Indonesia-Belanda di sektor air, ia mengaku sudah ada kajian dengan Pemprov Jatim di beberapa lokasi, termasuk Kalimas di Surabaya.

“Saya sangat senang hati bicara dengan Pak Wali Kota yang mempunyai visi untuk Kota Surabaya sebagai kota yang bagus, bersih dan hijau,” katanya.

Menurutnya, ada potensi besar di koridor sungai Kalimas untuk dibikin koridor hijau supaya lingkungannya lebih menarik bagi masyarakat dan bisa dinikmati oleh masyarakat. Bahkan, ia juga menilai ada potensi bisnis dan rekreasi di sepanjang Kalimas itu.

“Makanya, perlu restorasi beberapa lokasi yang menarik di Kota Surabaya sebagai heritage atau pun sejarah modern atau mungkin lokasi-lokasi yang berpotensi bisnis,” tegasnya.

Karenanya, ia mengakui sangat senang bisa bertemu langsung dengan Wali Kota Eri dan jajaran pemkot. Bahkan, ia berharap bisa bekerjasama yang baik dengan Pemkot Surabaya, Pemprov Jatim dan juga sektor swasta di Surabaya.

“Saya menyampaikan terimakasih banyak kepada Pak Wali Kota untuk kesempatan ini. Saya berharap kita bisa bekerjasama dengan baik ke depannya. Sekali lagi terimakasih,” pungkasnya. (ita)