Dorong Atlet Jateng Tembus Dunia
OLAHRAGA PERISTIWA

Dorong Atlet Jateng Tembus Dunia

Sebanyak 3.298 atlet mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jawa Tengah 2023. Event yang berlangsung hingga 28 Juni 2023 itu, dibuka Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, di Kawasan Olahraga Jatidiri Semarang, Selasa (20/06).

Gubernur Ganjar Pranowo berharap, pada ajang itu, para atlet muda menunjukkan prestasi dan kemampuannya dengan maksimal. Sehingga lewat Popda, atlet Jateng bisa berprestasi di kancah nasional hingga internasional.

“Kita menyiapkan atlet muda kita, para pelajar yang mengikuti Popda ini. Ini juga bagian dari proses melihat prestasi mereka mengikuti pertandingan ini,” kata Ganjar.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga meresmikan kawasan olahraga Jatidiri yang ditandai dengan penandatanganan prasasti kawasan tersebut. Kawasan olahraga ini akan menjadi satu di antara venue Popda Jateng 2023.

“Mereka kita minta mengetes area yang ada di Jatidiri ini, kita resmikan venue baru, mereka gunakan. Tentu saja, kita minta pelatih, karena anak-anak yang memunyai bakat olahrag, kita dorong mereka untuk makin berprestasi, dan mudah-mudahan menjadi ajang pertunjukan prestasi di antara mereka. Sehingga bibit-bibit hebat yang kita siapkan menjadi atlet nasional dan dunia,” ujarnya.

Ganjar meminta manajemen kawasan olahraga Jatidiri untuk mengelola dengan baik. Agar fasilitas yang sudah dibangun dengan susah payah, dan tidak murah ini betul-betul terawat dan fungsionalnya.

“Sehingga atlet yang berlatih mendapatkan tempat yang bagus, bisa menunjukkan prestasi,” pungkas mantan anggota DPR RI itu.

Sebagai informasi, Popda Jateng 2023 akan berlangsung mulai 20 Juni hingga 28 Juni. Pelaksanaannya dibagi dua tahap, dengan total 25 cabang olahraga (cabor).

Kepala Bidang Keolahragaan Dinas Kepemudaan Keolahragaan dan Pariwisata Jateng Aria Chandra Destianto selaku pelaksana kegiatan mengatakan, Popda diikuti 3.298 atlet, 947 pelatih, dan 122 ofisial. “Medali yang diperebutkan berjumlah 242 emas, 242 perak,, dan 361 perunggu,” kata Aria. Menurutnya, even itu sekaligus untuk menyiapkan atlet Jateng, menghadapi kegiatan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Sumatera Selatan, September mendatang. (hms)