Ekspor Perdana di Pelabuhan DABN Probolinggo ke Timor Leste
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

Ekspor Perdana di Pelabuhan DABN Probolinggo ke Timor Leste

Pelabuhan Umum DABN Probolinggo untuk kali pertama melayani kegiatan ekspor pada Selasa (02/02) pagi. Pada pelabuhan yang dikelola PT. Delta Artha Bahari Nusantara (DABN) ini dilepas secara simbolis ekspor semen dengan tujuan Dili, Timor Leste oleh Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Probolinggo, Andi Hermawan.

Ekspor semen merk Singa Merah asal Jember dilakukan eksportir PT Trikaya Sukses Bersama Sejahtera (TSBS) sebanyak 2.300 metrik ton (50.000 zak lebih) senilai Rp 1,4 miliar dari kontrak 30 ribu metrik ton dalam kurun waktu setahun.

Dalam acara simbolis ekspor perdana tersebut turut hadir Dirut PT. DABN Parsudi, Kepala Cabang PT. DABN Probolinggo Gatot, Sekretaris Dishub Jatim Luhur Prihadi, Direktur PT TSBS Wahyu Nuryuda, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Probolinggo, dan instansi terkait.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai, Andi Hermawan menyebut, dengan telah ditetapkannya kawasan wilayah Pelabuhan Umum DABN sebagai kawasab pabean, maka ekspor bisa dilakukan langsung tanpa melalui pelabuhan yang lebih besar seperti Tanjung Perak di Surabaya.

“Kami berharap di masa mendatang pelabuhan ini bisa dilengkapi dengan fasilitas yang lebih lengkap lagi, seperti TPS dan dermaga lain lagi. Sehingga kapasitas ekspor bisa lebih besar,” kata Andi Hermawan saat memberikan sambutan.

Direktur PT. TSBS Wahyu Nuryuda menyebut pihaknya akan melakukan ekspor semen setiap bulannya sekitar 2.300-2.500 metric ton ke Dili, sebab dalam kontraknya, PT. TSBS menyanggupi pemenuhan kebutuhan semen atas permintaan perusahaan di Timor Leste, Always Construction Unip Lda. sebanyak 30.000 metric ton.

“Kami memilih Pelabuhan DABN Probolinggo untuk memangkas biaya pengiriman daripada harus mengirim ke Surabaya. Selain itu, agar waktu kirimnya lebih cepat karena pabrik semen kami di Puger Jember,” jelasnya.

Sekretaris Dishub Prov Jatim Luhur Pihadi mengaku senang dengan kegiatan ekspor perdana di pelabuhan yang dikelola anak perusahaan BUMD PT. Petrogas Jatim Utama tersebut dan berharap bisa terus maju dan berkembang meski pandemi COVID-19 masih berlangsung sehingga banyak juga eksportir lain memanfaatkan Pelabuhan Umum DABN ini.

Langkah penting lagi ini bisa memantik berputarnya roda perekonomian masyarakat Jawa Timur secara umum dan khususnya kawasan Probolinggo,” tandasnya. (sak)