Film Rating Tertinggi Sepanjang Masa
HIBURAN PERISTIWA

Film Rating Tertinggi Sepanjang Masa

Hari film nasional diperingati setiap 30 Maret. Berikut 10 film yang memiliki rating tertinggi sepanjang masa:

1. The Godfather (trilogy 1972, 1974, 1990)
Rilis pada tahun 1972, The Godfather telah masuk nominasi untuk beberapa kategori di ajang penghargaan Academy Award 11 kali. Di antaranya memenangkan kategori Best Picture, Best Adapted Play dan salah satu pemerannya, Marlon Brando meraih penghargaan Best Actor.

Film yang disutradarai Francis Ford Coppola ini bercerita tentang seorang bos mafia yang hendak mewariskan kekuasaannya pada anak laki-lakinya, namun sang anak enggan menerimanya. Mafia itu adalah Vito Corleone (Marlon Brando), pebisnis dan bos gembong narkoba yang memiliki karakter tradisional dan mencintai keluarganya. Film ini menjadi tolok ukur bagi kebanyakan film mafia Hollywood, sebuah karya legendaris dari novelis Mario Puzo berjudul sama.

2. Silence of the Lamb (1991)

Diadaptasi dari novel berjudul sama, Silence of The Lamb menceritakan tentang kisah seorang agen FBI yang bekerja sama dengan pembunuh kanibal untuk menangkap pembunuh berantai. Kesuksesannya, film dengan rating 8,6 di IMDB ini berhasil meraih 5 Piala Oscar dari 7 nominasi yang meliputi Best Picture, Best Director, Best Actor, Best Actress; hingga Best Adapted Screenplay.

3. Schindler’s List (1993)
Jika nilai 97 persen di Rotten Tomatoes patut menjadi acuan dan kamu penyuka film sejarah, maka film ini cocok untukmu.

Schindler’s List terinspirasi dari kisah nyata pada Perang Dunia II. Film berdurasi 3 jam 17 menit ini menceritakan seorang pebisnis amatir Nazi, yang berusaha menyelamatkan ribuan orang Yahudi. Kisah mengharukan tentang penyelamatan kaum Yahudi dari holocaust berhasil membuat film ini diganjar 12 Academy Awards.

4. The Shawshank Redemption (1994)
Beranjak ke tahun 1994 saat film The Shawshank Redemption ditayangkan. Jika kamu belum menontonnya, kamu melewatkan salah satu karya terbaik di dunia perfilman yang pernah dibuat. Film ini diadaptasi dari novel karya Stephen King.

Mengambil latar waktu 1940-an, The Shawshank Redemption bercerita soal Andy Dufresne (Tim Robbins) yang menjadi terdakwa kasus pembunuhan istrinya. Dia bersikeras tidak melakukan pembunuhan tersebut. Akibatnya dia harus mendapat hukuman 20 tahun penjara di rumah tahanan Shawshank State. Selanjutnya akan diceritakan bagaimana kehidupan Andy selama di penjara hingga misinya untuk kabur dari penjara.

5. Forrest Gump (1994)
Masih di tahun 1994, film Forrest Gump menjadi salah satu film terbaik sepanjang masa. Film yang mendapat rating 8,8 di IMDB ini, akan mengajarkanmu untuk tidak berhenti mengejar mimpi walaupun kamu memiliki keterbatasan. Kata kata “Run Forrest run” akan terus terngiang sepanjang film besutan sutradara Robert Zemeicks. Akting yang apik dari sang pemeran utama, Tom Hanks, serta cerita yang kaya akan nilai kehidupan, dijamin akan menghibur sekaligus memotivasimu.

6. Saving Private Ryan (1998)
Karya-karya Stephen Spielberg selalu memberikan kesan yang membekas, tak terkecuali Saving Private Ryan. Film berlatarkan perang dunia II ini menceritakan delapan tentara yang bertugas menjemput seorang tentara bernama James Francis Ryan. Salah satu adegan yang epik adalah peperangan intens selama 27 menit pada pembukan film, yang merupakan insiden Pantai Omaha pada tanggal 6 Juni 1994.

7. Spirited Away (2001)

Film animasi dari Jepang ini bergenre fantasi dan petualangan. Spirited Away berhasil mendapatkan Academy Awards pada kategori Best Animated Feature pada tahun 2003. Animasi karya Hayao Miyazaki yang memiliki nilai 97% di Rotten Tomatoes ini, menceritakan petualangan seorang anak gadis yang menyelamatkan orang tuanya, kemudian berubah menjadi babi di sebuah dunia yang asing.

8. Memories of Murder (2003)

Terinspirasi dari kisah nyata pembunuh berantai di Kota Hwaseong, film ini banyak disebut orang sebagai salah satu film terbaik di Korea Selatan. Memories of Murder merupakan film kedua yang disutradarai dan ditulis langsung oleh Bong Joon-ho. Setelah tayang, film ini mendapat apresiasi dari penggemar film dan kritikus.

Hal itu berbuah serenteng penghargaan yang didapatkan Memories of Murder sebagai Film Terbaik dalam Chunsa Film Art Awards, Grand Bell Awards, Korean Film Awards, serta Film Asia Terbaik di Tokyo International Film Festival.

9. Parasite (2019)
Kesuksesan sutradara Bong Joon-ho tak sampai di film Memories of Murder, namun juga di film Parasite. Bergenre thriller komedi, film asal Korea Selatan ini memiliki rating tinggi di IMDb sebesar 8.6/10 dan 98 persen di Rotten Tomatoes.

Bagi yang belum menontonnya, film ini mengisahkan tentang sebuah keluarga yang ikut menumpang pada keluarga yang kaya dan ingin menyingkirkan keluarga kaya tersebut secara perlahan. Film ini berhasil mencetak sejarah karena merupakan sebuah film Korea Selatan pertama yang berhasil memenangkan penghargaan Palme d’Or dan Film Terbaik penghargaan bergengsi, Academy Awards.

10. Avengers: End Game (2019)

Avengers: Endgame merupakan sekuel dari Avengers: Infinity War (2018) dan film ke-22 di Marvel Cinematic Universe (MCU). Film produksi Marvel Studio ini mendapat rating 8,4/10 di IMDb dan 94 persen dari Rotten Tomatoes. Avengers: Endgame layak menjadi penutup kisah Avengers yang solid dan kaya akan totalitas hasil produksi yang menganggumkan.

Menerima banyak penghargaan dan nominasi, termasuk nominasi untuk Efek Visual Terbaik di 92th Academy Awards, tiga nominasi di 25th Critics’ Choice Awards (memenangkan dua), serta nominasi untuk Efek Visual Khusus di Academy Film Awards ke-73. Film ini menceritakan anggota Avengers dan para sekutu yang masih hidup berusaha untuk membalikkan kerusakan yang disebabkan oleh Thanos dalam Infinity War. (rri)