Firli Bahuri, Ketua KPK Terpilih
PEMERINTAHAN PERISTIWA

Firli Bahuri, Ketua KPK Terpilih

Komisi III DPR RI telah memilih lima (5) pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023. Hasilnya, sosok yang berlatar belakang profesi polisi, Firli Bahuri tak hanya terpilih menjadi komisioner, tapi juga Ketua KPK.

Firli terpilih menjadi Ketua KPK karena memperoleh suara terbanyak dalam voting yang dilakukan secara tertutup. Dalam voting ini dia memperoleh 56 suara.

“Yang pertama sebagai Ketua (KPK), saudara Firli Bahuri,” kata Ketua Komisi III, Azis Syamsuddin dalam uji kepatutan dan kelayakan Capim KPK di Senayan, Jakarta, Jumat (13/9) dini hari.

Selain Firli, ada juga petaha, Alexander Marwata yang kembali terpilih menjadi Wakil Ketua KPK. Dia berada di urutan kedua dengan 53 suara. Disusul kemudian dengan Nurul Ghufron dengan 51 suara, Nawawi Pomolango 50 suara, dan Lili Pintauli Siregar dengan 44 suara.

“Baik, mungkin ada pandangan dari fraksi-fraksi untuk menyampaikan? Kami persilakan. Apabila tidak ada lagi, atas nama pimpinan Komisi III DPR RI mengucapkan terima kasih,” ujar Azis.

Lebih lanjut Azis pun mengaku berharap agar Firli bersama pimpinan KPK lainnya mampu menjalankan tugasnya dengan baik untuk 4 tahun ke depan.

“Kami berharap komisioner KPK untuk dapat mengemban tugas dan jabatannya sesuai peraturan dan perundang-undangan dengan catatan mengikuti hal-hal yang telah menjadi komitmen selama proses uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III,” pungkasnya.

Irjen Pol Drs Firli Bahuri MSi lahir di Lontar, Muara Jaya, Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan, pada 8 November 1963. Saat ini menjabat sebagai Kapolda Sumatra Selatan yang aktif sejak 20 Juni 2019.

Firli tercatat pernah menjabat sejumlah jabatan penting. Ia pernah menjabat ajudan Wakil Presiden RI Boediono. Kemudian Wakapolda Banten, Karopaminal Divpropam Polri, Kapolda Banten, Karodalops Sops Polri, Wakapolda Jawa Tengah, Kapolda NTB dan Deputi Penindakan KPK. (sak)