Indonesia Ikut Finish di MotoGP
OLAHRAGA PERISTIWA

Indonesia Ikut Finish di MotoGP

Persaingan sengit 24 pebalap MotoGP musim 2022 resmi dimulai ketika bendera start dikibaskan pada seri pembuka di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, Minggu (06/03) malam. Di bawah sorot terang lampu karena balapan dilakukan malam hari, ke-24 pebalap saling beradu kencang untuk menjadi yang terbaik.

Mereka saling berkejaran di atas lintasan aspal sepanjang 5,4 kilometer dan melahap 16 tikungan dalam 22 putaran atau kira-kira sejauh 118,4 km. Pertarungan sengit terjadi pada enam putaran terakhir ketika Pol Espargaro (Repsol Honda Team), Enea Bastianini (Ducati Gresini Racing), dan Brad Binder (KTM Factory Racing) saling bersaing di posisi tiga teratas.

Namun posisi itu berubah pada detik-detik menjelang kibasan bendera finish, tepatnya pada dua putaran terakhir ketika Bastianini muncul sebagai pebalap terdepan dan tak mampu disalip oleh Espargaro ataupun Binder.

The Beast, begitu Bastian ini diberi julukan oleh para penggemarnya, mencatatkan sejarah tersendiri bagi dirinya. Karena ini adalah pertama kalinya ia menjuarai sebuah seri MotoGP sejak menjadi pendatang baru pada musim lalu. Pada musim perdananya di 2021, saat di Qatar pebalap asal Italia yang ketika itu membela tim Esponsorama Avintia tersebut hanya mampu finish di 10 besar.

Gegap gempita tak hanya dirasakan oleh seluruh kru di garasi tim asal Italia itu. Perasaan serupa ikut dirasakan oleh bangsa Indonesia lantaran turut menikmati kemenangan perdana pebalap kelahiran Torino, 14 Januari 1997 tersebut. Bukan tanpa sebab, karena Bastianini dan rekan setimnya Fabio Di Giannantonio ikut menggendong sejumlah brand produk asli buatan Indonesia.

Lihat saja di baju dan motor balap Ducati Desmosedici GP21 berkelir biru muda yang menjadi tunggangan keduanya, tampak jelas merek-merek produk terkenal buatan Indonesia. Seperti produk pelumas Federal Oil milik PT Pertamina, Aspira yang menjadi produk suku cadang otomotif buatan PT Astra Otoparts Tbk, dan minuman herbal Antangin keluaran PT Deltomed Laboratories. Ketiga merek lokal ini adalah mitra Gresini sejak 10 tahun silam.

Masih ada lagi produk helm merek KYT yang dipakai keduanya dan merupakan produk asli Indonesia produksi PT Tarakusuma Indah. Bahkan helm merek ini sejak musim lalu sudah dikenakan oleh Aleix Espargaro, andalan Aprilia Racing Team.

Satu lagi brand nasional yang juga sudah mendunia adalah Wonderful Indonesia. Merek pariwisata nasional yang dimiliki Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini tertera di sayap depan (winglet aero firing) kuda besi Ducati Bastianini dan Diggia, pendatang baru di musim ini.

Merek Wonderful Indonesia ini juga pernah wara-wiri dipromosikan dengan tulisan besar-besar di sejumlah bus tingkat ibu kota Moskwa saat perhelatan Piala Dunia 2018 di Rusia.

Kehadiran merek-merek dari produk nasional ini terutama ketika si pebalap menyentuh garis akhir paling depan, merupakan sebuah kebanggaan. Inilah pertama kali sebuah tim MotoGP ikut membawa serta brand Indonesia naik di podium juara seri balap tersebut.

Begitu pula ketika Bastianini memulai lomba di Qatar dari urutan start kedua. Ketika seluruh kamera menyorot ke arah motor dan baju balap kedua jagoan Gresini Racing dalam sebuah siaran langsung, maka terlihat jelas merek-merek dari produk buatan Indonesia itu.

Di sektor balap otomotif ini, pada 2016 lalu tulisan Pertamina juga pernah muncul pada bagian sayap belakang mobil balap Formula Satu Rio Haryanto yang membela tim Manor Racing. Saat itu Pertamina menjadi sponsor utama Rio untuk membalap bersama Manor.

Munculnya merek-merek dari produk buatan dalam negeri di lintasan MotoGP sejalan dengan niat besar pemerintah untuk mempromosikan Indonesia kepada dunia lewat event-event besar olahraga. Demikian dikatakan Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir dalam konferensi pers daring di Jakarta, Minggu (06/03).

Mantan Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang (INASGOC) ini mengatakan, MotoGP merupakan hal penting bagi Indonesia. Apalagi Indonesia akan menjadi tuan rumah seri setelah Qatar dalam lomba bertajuk Pertamina Grand Prix of Indonesia di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat, 18-20 Maret 2022.

Erick menekankan bahwa ajang MotoGP yang ditonton oleh hampir sepertiga dari penduduk bumi merupakan upaya brand positioning Indonesia sebagai sebuah negara besar dengan keindahan alam yang dimiliki.

Terlebih, Mandalika merupakan satu di antara lima destinasi superprioritas yang dikembangkan pemerintah selain Danau Toba (Sumatra Utara), Candi Borobudur (Jawa Tengah), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), dan Likupang (Sulawesi Utara).

Ia juga mengharapkan dari gelaran sebesar MotoGP yang akan digelar di Mandalika hingga sembilan tahun ke depan dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi terutama membuka peluang investasi sebesar-besarnya di sektor otomotif.

Duta Indonesia
Hal serupa juga disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif /Kepala Badan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Menurutnya, kerja sama dengan menampilkan brand Wonderful Indonesia ini akan berlangsung selama satu musim balap di 2022 ini. “Kolaborasi dengan tim Gresini Racing ini akan mempromosikan pariwisata Indonesia dan mendukung kebangkitan ekonomi,” kata Sandiaga seperti dikutip dari siaran persnya di Jakarta, Senin (07/02).

Sandiaga menyatakan bahwa pihak Gresini yang mengajukan keinginan untuk memasang brand Wonderful Indonesia di baju dan motor balap tim mereka. Hal ini disampaikan ketika menjadi narasumber acara “Behind The Wheels” bersama pengusaha otomotif Rudy Salim yang ditayangkan di akun media sosial Youtube Prestige Productions, Sabtu (19/02).

“Kita pasang logo Wonderful Indonesia totally gratis. Karena Gresini melihat value dari Wonderful Indonesia. Mereka mengidentifikasi kita sebagai sebuah pasar otomotif khususnya roda dua paling besar di dunia. Gresini menjadi Duta Indonesia di seluruh rangkaian MotoGP 2022,” jelas Sandiaga.

Sementara itu, ketika mengikuti tes pramusim MotoGP di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, pihak Gresini juga telah mengumumkan apa yang diungkapkan oleh Sandiaga. Tepat di hari Jumat (04/02), tim yang didirikan tokoh otomotif Italia, mendiang Fausto Gresini itu menyatakan diri siap menjadi Duta Indonesia di ajang MotoGP 2022.

Dalam pernyataan resmi seperti dikutip dari situsnya, Direktur Promosi dan Pemasaran Gresini, Carlo Merlini berterima kasih untuk dukungan pemerintah dan sponsor-sponsor dari produk lokal Indonesia di panggung global MotoGP. Merlini juga berjanji membayar penuh kepercayaan tinggi tersebut dengan totalitas komitmen prestasi terbaik di setiap seri MotoGP dan mengibarkan Merah Putih di seluruh dunia.

Ia juga berharap dapat menggaet sebanyak mungkin penggemar MotoGP di tanah air karena melihat Gresini Racing sebagai tim yang mewakili nama Indonesia. Kita tunggu aksi-aksi kejutan dari Bastianini di Sirkuit Mandalika, 18-20 Maret 2022 mendatang. (indonesia.go.id)