Jokowi Bakal Bermotor Bareng Marquez Dkk
OLAHRAGA PERISTIWA

Jokowi Bakal Bermotor Bareng Marquez Dkk

Promotor balap MotoGP, Dorna Sports, tahu benar dengan kegemaran Presiden Joko Widodo menjelajah dengan motor. Oleh karena itu, perusahaan yang dipimpin oleh tokoh otomotif asal Spanyol, Carmelo Ezpeleta, memberi kejutan kepada Indonesia. Mereka telah menyiapkan 20 nama pembalap MotoGP untuk ikut menemani Presiden bermotor di sekitar Jakarta, 16 Maret 2022.

Acara ini berselang dua hari menjelang perhelatan MotoGP seri kedua musim 2022 bertajuk Pertamina Grand Prix of Indonesia di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, 18-20 Maret 2022.

Terdapat nama-nama seperti juara dunia enam kali Marc Marquez dan Pol Espargaro, rekan setimnya di Repsol Honda Team. Kemudian dua jagoan Suzuki Ecstar Team, Joan Mir dan Alex Rins. Lalu duet Francesco Bagnaia-Jack Miller (Ducati Lenovo Team), juara seri Qatar Enea Bastianini dan Fabio Di Giannatonio (Gresini Racing), Johann Marco-Jorge Martin (Pramac Racing).

Masih ada Alex Marquez (LCR Honda Castrol), Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu), Andrea Dovizioso-Darryn Binder (Yamaha Team), Luca Marini-Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team). Duet pembalap Moto2 Bo Bendsneyder yang berdarah Indonesia dan Gabriel Rodrigo ikut masuk dalam daftar yang akan menemani Presiden bermotor. Keduanya adalah andalan tim yang didukung Indonesia yakni Pertamina Mandalika SAG Team.

Dorna juga memberikan kesempatan kepada dua jagoan Merah Putih di MotoGP, yakni Mario Suryo Aji yang membalap di kelas Moto3 untuk Honda Team Asia, dan pembalap masa depan Veda Ega Pratama yang berlaga di ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC). Veda yang baru berusia 13 tahun keluar sebagai juara kedua Race 2 pada IATC 2022 seri pembuka di Qatar, Minggu (06/03).

Kepastian ini diumumkan langsung oleh Dorna lewat pernyataan pers mereka di situs resmi MotoGP, Selasa sore. Ini sekaligus memperkuat pernyataan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dalam keterangan pers daring di Jakarta, Minggu (06/03), bahwa ada rencana untuk mempertemukan perwakilan pembalap MotoGP dengan Presiden di Istana Merdeka pada 16 Maret 2022.

“Sebelum mereka menuju Lombok, akan ada penyambutan yang dilakukan di ibu kota Jakarta pada Rabu, 16 Maret 2022. Sebanyak 20 pembalap hebat akan ambil bagian dalam sebuah parade yang unik, dimulai dan berakhir di Istana Merdeka. Presiden Jokowi akan menyambut mereka di Istana. Presiden kemudian akan bergabung dalam parade dan naik motor bersama mereka,” tulis pernyataan Dorna.

Dalam pernyataan itu Dorna tidak merinci mengenai rute parade. Mereka hanya meminta para penggemar MotoGP untuk tetap bersiaga untuk menunggu informasi-informasi terbaru mengenai hadirnya balapan di Indonesia, salah satu pasar olahraga paling menjanjikan di dunia.

Ini merupakan cara Dorna menyambut kembalinya Indonesia sebagai tuan rumah balapan motor paling bergengsi di dunia. Indonesia terakhir kali menjadi tuan rumah pada 1997. Dalam gelaran yang diadakan pada 28 September 25 tahun silam di Sirkuit Internasional Sentul tersebut, pembalap Jepang Tadayuki Okada keluar sebagai juara menyisihkan juara dunia saat itu Mick Doohan dari Australia.

Persiapan Terus Dikebut
Sementara itu, berbagai persiapan terus dilakukan Indonesia agar mampu memberikan pelayanan yang terbaik tidak hanya kepada seluruh peserta yang berlomba. Tetapi juga kepada penonton dan para pendukung kegiatan MotoGP ini. Mulai dari dikebutnya penyelesaian pembangunan ruas baru antara Bundaran Songgong hingga Tri Putri sejauh 5,6 kilometer yang terbagi dalam tiga segmen.

Pengerjaannya dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta PT Pembangunan Perumahan Tbk selaku kontraktor utama Sirkuit Mandalika. Seperti disebutkan oleh Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia Dony Oskaria selaku holding BUMN Pariwisata, segmen dua yang menjadi prioritas, kondisinya sudah 80 persen rampung.

Selain itu, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di mana sirkuit sepanjang 4,3 km itu berada, terus mengebut pengaspalan ulang (resurfacing) lintasan. Yakni antara tikungan 16 dan 17 hingga garis start/finish serta tikungan hingga menjelang tikungan 5.

Menurut Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria selaku anak usaha ITDC, hingga Selasa (08/03) dini hari, pihaknya telah menyelesaikan pengaspalan dua section sepanjang 500 meter. Keduanya adalah mulai dari garis start sampai tikungan pertama dan section kedua sampai ke tikungan kedua lebih sedikit.

Kegiatan aspal ulang memakai material khusus Stone Mastic Asphalt (SMA) yang merupakan teknologi terbaru di MotoGP yang telah dikembangkan sejak 2015. Termasuk diterapkan saat renovasi Sirkuit Internasional Silverstone, Inggris. Ini adalah lintasan MotoGP tertua di dunia dan telah dipakai untuk balapan sejak 1949 silam.

Pengaspalan ulang itu seluruhnya dilakukan oleh PP dan PT Roadgrip Motosport Indonesia (RMI). Mereka diawasi oleh konsultan yang ditunjuk oleh Dorna dan Federasi Motor Internasional (FIM) sebagai regulator olahraga balap motor dunia.

Menurut Priandhi, Dirut PP, Novel Arsyad turut memantau langsung kegiatan aspal ulang ini. “Sejauh ini tidak ada masalah dan kami targetkan kegiatan ini sudah selesai sebelum 10 Maret 2022,” ujar Priandhi dalam keterangannya, Selasa (08/03).

Pembangunan tribun penonton juga ikut dikebut penyelesaiannya. ITDC menyiapkan 11 zona tribun dengan daya tampung untuk 62 ribu penonton. Termasuk Hospitality Suites VIP Villages, Observation Deck, Royal Box, dan Corporate Lounge yang berlokasi di Bukit 360. Tempat-tempat itu dikhususkan bagi para penonton berkantung tebal dan berdaya tampung hampir 3.000 orang.

Ada pula tribun berjenis grandstand yang terbagi dalam Premium Grandstand yang berlokasi di depan gedung utama sirkuit yang merupakan lokasi pitlane dan paddock. Di samping itu ada juga Standard Grandstand dan General Admission.

Menurut Direktur Teknik dan Operasi MGPA, Samsul Purba, pembangunan Premium Grandstand yang berada di dua zona sudah rampung 80 persen. Tribun ini mempunyai bangku tipe lipat aneka warna seperti kuning, merah, biru, dan oranye berkapasitas 12 ribu penonton.

Begitu pula proses pembangunan Standard Grandstand yang telah mencapai 75 persen. Di tribun ini, kursinya telah terpasang beraneka warna, ada satu zona yang seluruh kursinya warna biru dan ada pula zona tribun diberi kursi berkelir merah dan putih.

“Kami yakin pekerjaan ini dapat selesai sebelum 15 Maret 2022 karena semua material sudah tersedia sehari usai digelarnya tes pramusim MotoGP di sini. Pemasangannya juga relatif sangat cepat karena dilakukan oleh para tenaga ahli,” kata Samsul.

Ia juga memaparkan progres pengerjaan Corporate Lounge di Bukit 360 yang berada di sisi selatan sirkuit, antara tikungan 10 dan 11 dengan pemandangan pantai berair biru dan bukit hijau kawasan Seger, Mandalika. Tempat ini terdiri dari tiga bangunan berkonstruksi baja yang masing-masing dapat menampung 200 penonton.

Dindingnya dilapisi kaca mengelilingi bangunan sehingga penonton selain dapat menyaksikan aksi para pembalap, juga sekaligus menikmati pemandangan di sekitarnya yang menawan. Bangunan-bangunan ini menurut Samsul disewakan kepada perusahaan-perusahaan BUMN selama satu tahun. Pekerjaan konstruksinya sudah mencapai 85 persen.

Panggung Musik

Wakil Direktur MGPA Cahyadi Wanda menjelaskan, pihaknya akan mendatangkan musisi-musisi papan atas seperti Padi Reborn, Slank, RAN, dan penyanyi Pamungkas untuk ikut meramaikan Pertamina Grand Prix of Indonesia. Mereka akan mengisi acara di panggung besar yang akan dibangun MGPA di arena General Admission berkapasitas 10 ribu penonton.

Menurut Cahyadi, pertunjukan musik ini dilakukan sebagai daya tarik untuk mendatangkan lebih banyak penonton terutama pada hari pertama dan kedua balapan.

Pada hari pertama, Jumat (18/03), para pembalap akan melakukan sesi latihan resmi dilanjutkan sesi kualifikasi untuk menentukan posisi start (pole position) pada Sabtu (19/03). Hari ketiga Minggu (20/03) merupakan saatnya para pembalap berlomba atau dikenal juga sebagai race day. Seluruh 62 ribu tiket di hari ketiga tersebut sudah habis terjual (sold out) seperti telah dinyatakan oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Cahyadi menambahkan, tidak banyak yang mengetahui bahwa pada hari kedua jadwal Pertamina Grand Prix of Indonesia akan digelar balap IATC yang menampilkan empat pembalap masa depan Indonesia termasuk Veda. Kualifikasi di hari kedua akan sangat seru. Agendanya sudah dimulai sejak pukul 09.00 Wita. Ada Asia Talent Cup dan latihan bebas hari terakhir dilanjutkan kualifikasi. (indonesia.go.id)