Kick Off Piala KASAD Liga Santri PSSI
OLAHRAGA PERISTIWA

Kick Off Piala KASAD Liga Santri PSSI

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa optimistis kompetisi Piala KASAD Liga Santri PSSI 2022 memperluas peluang bibit muda dari kalangan santri untuk menghiasi sepak bola Indonesia.

Setelah mengikuti pembukaan Piala KASAD Liga Santri 2022, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebut ajang tersebut merupakan turnamen khusus pencarian bakat sepak bola yang membidik santri Pondok Pesantren (Ponpes). Khofifah yakin bibit atlet bola di kalangan santri cukup banyak. Ia pun berharap kelak para santri menghiasi dunia sepak bola Indonesia.

“Piala KASAD Liga Santri pertama kali diselenggarakan di Indonesia untuk menggali potensi para santri di ponpes seluruh Indonesia melalui cabang olaharaga sepak bola,” tutur Gubernur Khofifah saat mendampingi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan Ketua Umum PSSI Muchamad Iriawan membuka Piala KASAD Liga Santri 2022 di Stadion Merdeka Jombang, Senin (19/06).

Menurut Khofifah, kompetisi Liga Santri harus dimanfaatkan sebagai ajang pembuktian bagi para santri. Sebab, tidak akan ada lagi halangan bagi santri untuk meraih impian asalkan dibarengi usaha sungguh-sungguh dan doa.

“Asal mau usaha, giat berlatih, diiringi doa saya yakin apa yang diinginkan dan dicita-citakan Insya Allah bisa tercapai. Pokoknya, menjadi santri harus punya fighting spirit, harus punya semangat juang seperti para pendiri NU yang berjuang luar biasa melalui santri dan pesantren,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Staf TNI AD, Dudung Abdurachman menuturkan, tujuan piala KASAD Liga Santri mengingat TNI AD memiliki peran sebagai sumbangsih kepada bangsa dan negara dalam rangka mencetak generasi muda untuk meningkatkan sportivitas.

“Selain itu mendukung negara dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dengan melakukan kegiatan sepak bola,” ungkapnya.

Dudung menambahkan, Piala KASAD Liga Santri serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia mulai 20 Juni – 7 Juli 2022. Sebanyak 18 tim sepak bola dari seluruh Pondok Pesantren (Ponpes) di Kabupaten Jombang berpartisipasi dalam empat grup di babak penyisihan.

“Kemudian juara grup dan runner up grup akan bertemu di babak 8 besar hingga babak final. Final, akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta pada 22 Oktober 2022 bertepatan dengan Hari Santri Nasional. Juara dari turnamen ini akan mewakili Kab. Jombang melaju di putaran provinsi,” jelasnya. (ita)