Lifter Nurul Lolos Olimpiade
OLAHRAGA PERISTIWA

Lifter Nurul Lolos Olimpiade

Lifter Aceh Nurul Akmal menjadi atlet ke-21 yang mewakili Tim Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Rilis resmi International Weightlifting Federation (IWF) memastikan hal tersebut yang dikeluarkan pada Senin (03/06).

Nurul sebenarnya berada di peringkat ke-11 dari 10 atlet terbaik dunia kelas +81 kg Olympic Qualification Ranking. Namun, ia dipastikan maju ke Olimpiade usai mendapat realokasi tiket zona kontinental Asia.

“Jadi memang ini pengumumannya agak terlambat. Karena, kasusnya di kelas Amel sudah terwakilkan lima benua yang akan tampil di Paris 2024,” kata Dirdja Wihardja, Kepala Pelatih Timnas Angkat Besi.

“Jika kelima benua terwakili dalam kategori berat badan, tempat kuota Kontinental akan dialokasikan kepada atlet yang memenuhi syarat dengan peringkat tertinggi berikutnya dalam kategori berat yang sama (apa pun benuanya), dengan menghormati kuota maksimum per gender dan per NOC,” katanya.

Buat Amel, ini kedua kalinya tampil di Olimpiade setelah debutnya di Tokyo 2020. Lifter kelahiran Tanah Luas, Aceh 12 Februari 1993 tersebut finis di urutan kelima di kelas +87kg.

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari mengapresiasi keberhasilan Amel lolos kedua kalinya ke Olimpiade. Ia berharap di Paris 2024, Amel bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

“Pengumuman resmi Amel lolos ke Olimpaide dari IWF ini menjadi salah satu yang kami tunggu. Selain masih ada beberapa cabor lain yang masih kualifikasi dan kami tunggu juga pengumuman resmi kelolosannya,” ujar Okto, sapaan karib Raja Sapta Oktohari. (rri)