PLN Jatim Raih 450 Ribu Pelanggan Baru
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

PLN Jatim Raih 450 Ribu Pelanggan Baru

Sepanjang Tahun 2017 PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Distribusi Jawa Timur berhasil menjangkau 450 ribu pelanggan baru atau lebih banyak dibanding 2016 sebesar 400 ribu pelanggan. Dengan penambahan tersebut, saat ini total pelanggan PLN Disjatim mencapai 10,95 juta pelanggan.

Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jawa Timur, Pinto Raharjo di Surabaya, Jumat (5/1) mengatakan, penambahan jumlah tersebut mengakibatkan peningkatan rasio elektrifikasi PLN dari 89 persen hingga Desember 2016, menjadi 91,4 persen per 28 Desember 2017 lalu. “Kami mencatat hingga akhir 2017, jumlah rasio elektrifikasi kami mencapai 91,5 persen,” ujarnya.

Selain itu, penjualan PLN Distribusi Jawa Timur juga mencatatkan kenaikan. Data per Desember 2016, penjualan PLN mencapai Rp 2,7 triliun per bulannya. “Sekarang naik menjadi Rp 3,1 triliun per bulannya,” tambah Pinto.

Peningkatan penjualan ini dikatakan Pinto karena adanya penyesuaian tarif listrik tepat sasaran yang dilakukan pada tahun 2017. Pertumbuhan positif dari sektor industri yang terjadi juga turut mendorong kenaikan penjualan PLN Distribusi Jatim tersebut.

Ditanya soal perkiraan pendapatan dan rasio elektrifikasi Pinto mengaku belum bisa memprediksi yang akan terjadi pada tahun ini. Namun ia yakin, program penambahan daya dan aliran listrik ke berbagai wilayah yang dijalankan PLN Distribusi Jatim akan meningkat jumlah pelanggan dan penjualannya.(jnr)