Portal Mitigasi Bencana Geologi
PEMERINTAHAN PERISTIWA

Portal Mitigasi Bencana Geologi

Pada acara tahunan Kolokium dan Diseminasi Informasi Geologi yang diselenggarakan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada 7-8 Desember 2023 lalu di Jakarta, Badan Geologi meluncurkan beberapa produk layanan masyarakat, salah satunya adalah Portal Mitigasi Bencana Geologi (MBG), yang digagas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM.

Portal tersebut diluncurkan oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif yang hadir secara daring pada hari kedua penyelenggaraan Kolokium dan Diseminasi Informasi Geologi. “Portal database MBG ini merupakan suatu transformasi pelayanan publik dalam bentuk penyediaan informasi detail terkait kebencanaan geologi,” tutur Arifin, Jumat (08/12).

Ia menjelaskan bahwa portal MBG akan menyediakan informasi terkait data pendukung untuk penentuan bahaya bencana geologi gunung api, zona kerentanan gerakan tanah, kawasan rawan bencana tsunami dan gempa bumi. Selain itu, portal MBG diharapkan bisa menciptakan kesadaran akan bencana geologi yang berbasis lokasi real time, sehingga meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat.

“Dalam portal ini, terdapat peta tematik kebencanaan geologi dapat digunakan secara langsung dan interaktif dapat juga diintegrasikan ke sistem-sistem lainnya dengan mengedepankan aspek kolaborasi, keberlanjutan, dan kebermanfaatan serta dapat diunduh untuk digunakan menjadi produk mitigasi bencana geologi yang lebih bermanfaat,” tukasnya.

Sebagai informasi, portal MBG merupakan platform database berbasis spasial yang dilengkapi kemampuan analisis komprehensif untuk berbagai kalangan yang memungkinkan integrasi dan diseminasi bencana geologi dari berbagai sumber menjadi lebih mudah dan efisien.

Portal MBG memiliki fitur-fitur sebagai berikut:

– Fitur peningkatan kesadaran bencana geologi, dengan satu klik, masyarakat bisa meningkatkan kesadaran mereka tentang potensi bahaya geologi di lokasi mereka berada.

– Fitur pencarian point of Interest, pengguna dapat mencari dan menganalisis potensi bencana geologi di lokasi tersebut.

– Fitur kolaborasi data gempa bumi, dengan mengintegrasikan data realtime dari BMKG, peta kawasan rawan bencana gempa bumi, peta geologi, peta petahan aktif, dan katalog gempa bumi merusak, praktisi dapat melakukan analisis geologis secara cepat dan berkala

– Fitur prakiraan gerakan tanah bulanan dengan jalan lintas dan jalan tol, fitur ini memungkinkan pemerintah dan masyarakat untuk mengantisipasi potensi kejadian gerakan tanah di jalan raya dan jalan tol pada bulan yang dimaksud.

– Fitur 3D hipocenter dan deformasi gunung, fitur visualisasi sumber gempa dan perubahan gunung api akibat pergerakan magma.

– Fitur kawasan rawan bencana tsunami dan potensi tinggi tsunami dengan layer pemukiman dari citra satelit.

– Fitur unduh data kawasan rawan bencana geologi dan Zona Kerentanan Gerakan Tanah (ZKGT) tersedia dalam format vektor maupun raster.

– Fitur lainnya termasuk layar penurunan muka tanah kawasan rawan bencana likuifaksi, serta aset di bidang Migas dan ketenagalistrikan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang portal ini dapat diakses pada tautan sebagai berikut: vsi.esdm.go.id/portalmbg. (ist)