RIP Pakar Statistik Kresnayana Yahya
PERISTIWA PROFIL

RIP Pakar Statistik Kresnayana Yahya

Salah satu pakar statistik Indonesia Drs Kresnayana Yahya MSc meninggal dunia di usia 72 tahun. Pria yang akrab disapa Pak Kresna ini adalah mantan dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang mendirikan Jurusan Statistika ITS.

Almarhum Kresnayana meninggal dunia di rumah sakit Mitra Keluarga Satelit, Surabaya Barat karena menderita Covid-19, dan sejak Kamis (04/03) malam kondisinya kritis. Dokter sudah mengupayakan, namun takdir berkata lain.

Kresnayana berpulang pukul 14.49 WIB, Jumat (05/03). Padahal, menurut beberapa jurnalis baru sekitar sebulan lalu Kresnayana berdiskusi soal bisnis dan properti.

Kresna yang mengajar di Universitas Surabaya (Ubaya) dan aktif di Yayasan UK Petra ini juga dikenal sebagai sosok religius. Anggota Gereja Kristen Indonesia (GKI) Manyar Surabaya ini kerap ditanggap gereja-gereja di Surabaya, Jakarta, bahkan di Tanah Air untuk berbicara mengenai masalah ekonomi dan bisnis. Terakhir, penulis mengikuti zoominar Kresnayana yang membahas soal keuangan gereja di masa pandemi.

Tak hanya menjabat sebagai Direktur Enciety Business Consult, pria kelahiran Jakarta ini juga pernah tercatat sebagai Komisaris PT Petrokimia Gresik. Selain itu beliau ia juga merupakan Dewan Pembina LEAD Indonesia (salah satu program The Foundation of Sustainable Development atau Yayasan Pembangunan Berkelanjutan dari Inggris)

Tak sekedar itu saja, berbagai posisi penting di beberapa organisasi pernah didudukinya seperti Ketua Asosiasi Manager Indonesia Cabang Surabaya, Presiden Asosiasi Pemasaran Indonesia wilayah Jawa Timur, dan berbagai jabatan penting lain di bidang statistik, lingkungan, pemasaran hingga demokrasi. Pria yang meraih gelar master di University of Wisconsin, Amerika Serikat ini dikenal aktif mengisi dialog interaktif di berbagai media massa. (ist)