Saatnya Cerdas Berinvestasi Saham
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

Saatnya Cerdas Berinvestasi Saham

Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat di Jawa Timur terhadap investasi di pasar modal, PT Bursa Efek Indonesia melalui Pusat Informasi Go Public (PIGP) Surabaya menggelar kegiatan Indonesia Investment Festival (Investival) 2017.

Kegiatan berlangsung selama 3 hari mulai 27 hingga 29 Oktober 2017 di Grand Atrium Pakuwon Mall Surabaya dengan mengambil tema “Cerdas Berinvestasi di Pasar Modal Demi Masa Depan yang lebih baik” dan dikemas dalam bentuk pameran expo, talkshow inspiratif, game terkait pasar modal dalam kegiatan Kumpul Beli Saham Rame-Rame (Kumpul Besar), kompetisi, Stand Up Comedy dan Face Painting.

Pembukaan kegiatan itu ditandai dengan pemukulan bedug secara bersama-sama oleh Wakil Gubernur Jatim H Saifulllah Yusuf bersama Direktur Bursa Efek Indonesia Alpino Kianjaya dan Kepala Otoritas Jasa Keuangan Regional 4 Jawa Timur, Heru Cahyono, Jumat (27/10) siang

Gus Ipul mengatakan kegiatan tersebut sangat membantu pemahaman tentang investasi. Ia mengakui bahwa pemahaman masyarakat di Jatim terhadap investasi di pasar modal sangat kecil.

Saat ini baru sekitar 67.000 orang atau 0,1 persen dari total jumlah penduduk di Jatim sekitar 39 juta jiwa yang memahami investasi di pasar modal.

“Ini tantangan untuk pasar modal kita bagaimana bisa mendorong masyarakat yang lebih luas agar bisa masuk dan mau berinvestasi di pasar modal. Saya sepakat salah satu caranya adalah kegiatan edukasi seperti sekarang,” ujarnya.

Menurut dia, Jatim memiliki potensi yang cukup besar untuk memberikan kontribusi bagi pengembangan pasar modal di Indonesia kedepan. Selain menarik lebih banyak pemain saham, yang tak kalah penting juga menggaet para pelaku usaha pemula (start up) yang banyak tumbuh di Jatim.

“Para start up ini cukup potensial juga untuk diajak go public untuk menarik masyarakat lebih luas agar mau berinvestasi di pasar modal,” katanya.

Direktur Bursa Efek Indonesia, Alpino Kianjaya mengatakan selama ini tingkat keikutsertaan masyarakat dalam investasi pasar modal masih sangat kecil, meskipun sangat menjanjikan untuk masa yang akan datang. Banyak masyarakat yang kurang paham tentang investasi di pasar modal.

“Kegiatan ini sangat positif untuk memberikan edukasi dan pemahanam kepada masyarakat yang lebih luas tentang investasi di pasar modal agar semakin banyak masyarakat paham terhadap investasi di pasar modal,” katanya.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk mendorong masyarakat benar-benar menggunakan uangnya dalam berinvetasi secara tepat dan legal dengan membeli saham perusahaan yang tercatat di bursa yang kini sebanyak 561 perusahan yang tercatat. (sak)