Sembako Bagi Seniman Terdampak Pandemi
PERISTIWA SENI BUDAYA

Sembako Bagi Seniman Terdampak Pandemi

Komitmen serta kegotong-royongan warga Surabaya dalam membantu sesama, rupanya benar-benar dirasakan semua pihak. Terbukti, hari ini Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menerima bantuan sembako 700 paket dari Yayasan Spins Interactional School dan Rotary Club Surabaya Central.

Ratusan paket sembako tersebut, diserahkan Ketua Yayasan Spins Interactional School, Manoj Bhat dan diterima langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, di halaman balai kota, pekan lalu.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Eri Cahyadi menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan dan bantuan dari Spins Interactional School, Rotary Club Surabaya Central dan masyarakat India. Dia mengungkapkan, bantuan itu dinilai sangat bermanfaat bagi warga.

“Apalagi mendekati Hari Raya Idul Fifri 1442 Hijriah. Saya yakin bantuan dari beliau sangat bermanfaat,” kata Wali Kota Eri Cahyadi seusai penyerahan.

Cak Eri-sapaan akrab Wali Kota Eri Cahyadi menjelaskan, 700 paket sembako tersebut diperuntukkan bagi seniman yang terdampak Covid-19. Meskipun bantuan itu tidak dapat mencakup para seniman secara keseluruhan, Namun Cak Eri memastikan, akan membagikan kepada seniman yang dinilai lebih membutuhkan. “Mengingat jumlahnya cukup terbatas. Kami distribusikan sesuai dengan sasaran,” papar dia.

Di momen itu, orang nomor satu di Kota Pahlawan ini, juga menyerahkan paket sembako kepada perwakilan seniman. Masing-masing paket terdiri dari beras tiga kilogram, gula satu kilogram, minyak goreng satu liter, mie instan 15 bungkus, kopi, teh, face shield dan masker. Setidaknya ada tiga orang seniman yang diundang datang di Balai Kota Surabaya untuk menerima sembako.

Dari ketiga seniman itu, salah satu seniman bernama Lukman Hidayat. Pria yang bekerja sebagai pengajar seni lukis dan mural di TK maupun SD itu, mengaku sangat bersyukur atas apresiasi yang diberikan kepada seniman. Lukman berharap, pandemi Covid-19 dapat segera hilang dari Surabaya sehingga para seniman bisa kembali berkarya.

“Terima kasih atas apresiasinya Pak Wali. Ini sangat bermanfaat bagi kami. Sekali lagi terima kasih,” kata Lukman.

Sementara itu, Ketua Yayasan Spins Interactional School, Manoj Bhat mengatakan, ratusan paket sembako itu merupakan sumbangan dari Spin International School, Rotary Opens Opportunities dan masyarakat India yang berada di Kota Pahlawan. Apalagi, saat menjelang Hari Raya Idul Fitri, Manoj ingin seluruh warga dapat menikmati momentum lebaran dengan penuh kebahagiaan.

“Kita hanya ingin membagikan supaya warga yang membutuhkan juga bisa menikmati Hari Raya Idul Fitri di rumah. Semoga bermanfaat,” pungkasnya. (ita)