Sukses PT Mayora Tembus Pasar Rusia
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

Sukses PT Mayora Tembus Pasar Rusia

Keberhasilan PT. Mayora menembus pasar Rusia membuktikan adanya kerjasama dan sinergi yang baik dari segenap stakeholders, baik dari kalangan swasta maupun pemerintah.

Keberhasilan ini turut mendukung upaya peningkatan ekspor produk jadi Indonesia termasuk produk makanan.

“Semangat sinergi dan kerja sama itu kiranya akan memperkuat semangat “Indonesia Incorporated” dalam memperjuangkan kepentingan Indonesia di luar negeri termasuk di bidang ekonomi,” demikian disampaikan Dirjen Amerop Muhammad Anshor di acara ‘Bangga sebagai Indonesia, Mayora sukses menembus pasar ekspor ke Rusia’ di Kantor Pusat Mayora.

Upaya untuk menembus pasar Rusia sudah berlangsung selama lima tahun terakhir dan di tahun 2018, nilai ekspor Mayora sudah mencapai Rp 140 miliar, dengan pengiriman 1000 kontainer atau naik sebanyak 131% dari tahun 2017.

Dirjen Anshor berharap bahwa Mayora bisa terus berkontribusi pada upaya pemenuhan target volume perdagangan bilateral Indonesia-Rusia sebesar USD 5 miliar atau lebih pada 2020. Hal ini menunjukkan keberhasilan Kemlu RI dalam mengubah paradigma menjadi lebih aktif dan ‘jemput bola’ dalam hal diplomasi ekonomi.

Pelaksanaan diplomasi ekonomi yang lebih aktif ini diterjemahkan dalam berbagai upaya promosi seperti pelaksanaan pameran dagang, penyusunan market intelligence, dan pengaturan business matching.

Tak ketinggalan pendekatan kepada para pengusaha yang memiliki potensi dan orientasi ekspor dan asistensi pemecahan masalah.

Mayora juga sangat terbantu dengan adanya misi dagang, perundingan dagang dan dukungan dari Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) dalam meningkatkan jumlah ekspor.

Salah satu produk Indonesia, Torabika Cappucino, juga sukses menjadi market leader di Rusia, dengan target audience utamanya di generasi milenial Rusia.

Rusia merupakan negara yang memiliki tingkat konsumsi kopi yang cukup besar dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Tidak hanya di kalangan dewasa, anak remaja pun sudah mengenal kopi.

“Kami berharap keberhasilan menembus pasar ekspor ke Rusia dapat memberikan inspirasi dan membangkitkan rasa percaya diri, rasa bangga sebagai indonesia. Hal ini membuktikan bahwa produk dengan merek dari Indonesia bukanlah produk inferior, namun dapat bersaing di market global bahkan menjadi pemimpin pasar,” kata Presiden Direktur Mayora Group Andre Atmadja. (sak)