Tahun Baru Ganjar Tinjau RS
KOMUNITAS PERISTIWA

Tahun Baru Ganjar Tinjau RS

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo punya cara sendiri menghabiskan malam pergantian tahun menuju 2023, Sabtu (31/12/2022) malam. Ia berkeliling ke sejumlah tempat di Kota Semarang untuk menyambangi perawat di IGD rumah sakit, petugas pemadam kebakaran, hingga menyapa warga di kawasan Kota Lama.

Usai mengikuti istigasah dan doa bersama lintas agama di Grhadhika Bhakti Praja, Ganjar langsung menuju ke IGD RSUP dr Kariadi Semarang. Gubernur Jateng dua periode itu menyapa para perawat yang piket di malam tahun baru. “Mas gimana kabarnya, wah berarti jaga satu tahun ya. Hebat lho, nggak tidur setahun,” seloroh Ganjar.

Situasi di IGD rumah sakit tipe A tersebut tidak begitu banyak pasien. Setidaknya ada tiga pasien yang disapa. Salah satu di antaranya, pasien yang baru selesai menjalani proses kemoterapi. “Takdoain lekas pulih. Besok tahun baru yang semangat, insyaallah sehat lagi,” kata Ganjar menyemangati.

Titik selanjutnya, gubernur mengunjungi Kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang, di Jalan Madukoro, Semarang Barat. Mobil yang dikendarai Ganjar langsung berhenti tepat di depan pos jaga.

Kedatangan Ganjar yang tiba-tiba, mengejutkan para petugas Damkar yang sedang piket. Mereka tak menyangka, orang nomor satu di Jawa Tengah itu akan berkunjung. “Eh Pak Ganjar. Selamat malam pak. Terima kasih sudah datang,” ucap salah satu petugas.

Ganjar lalu menanyai situasi pos jaga damkar. Hingga saat ini, kata para petugas, tidak ada laporan kebakaran di Kota Semarang. Mereka justru sedang diperbantukan jaga untuk menolong kendaraan yang terjebak banjir. “Ya sini, foto bareng nanti dibagi. Ini ada susu sama buah,” ucapnya.

Sebelum melanjutkan perjalanan, Ganjar menyempatkan mampir ke pos penjagaan palang pintu kereta api Madukoro. Tak sekadar mampir, Ia juga meninggalkan parsel buah dan sekarton susu untuk petugas tersebut.

Beranjak ke titik berikutnya, Ganjar menyapa petugas pompa air di rumah pompa Kota Lama. Saat itu banjir masih menggenang terutama di kawasan Stasiun Tawang dan Kota Lama. Namun pompa berjalan dengan baik.

“Ya syukur sudah banyak titik yang surut. Tapi saya titip dijaga bener ya, ini buat teman berjaga. Pokoknya on terus. Sampah di sekitar pompa juga harus diperhatikan, biar tidak menyumbat,” ujarnya.

Kehadiran Ganjar di sejumlah titik itu, tentu saja menyita perhatian warga. Bahkan para pengendara yang melintas, sengaja berhenti untuk sekadar mengabadikan momen.

Ketua PP Kagama itu pun tak sungkan memenuhi permintaan warga. Satu persatu diladeni, tak jarang Ganjar juga usil mengerjai mereka. “Pak Ganjar foto ya, terima kasih ya. Wah senang sekali malam tahun baru ketemu Pak Ganjar,” ujar para warga, setelah berhasil berfoto bersama Ganjar.

Adapun cuaca di penghujung tahun 2022 menuju 2023 cerah. Hujan sempat mengguyur namun tak berlangsung lama. Ganjar mengaku sengaja memilih berkeliling Kota Semarang untuk bisa menyapa mereka. “Mereka semua keren. Saya hanya ingin berbagi kebahagiaan saja,” ujarnya. (hms)