Topping Off IMS Gelora Bung Karno
OLAHRAGA PERISTIWA

Topping Off IMS Gelora Bung Karno

Presiden Joko Widodo melakukan topping off Indoor Multifunction Stadium (IMS) Gelora Bung Karno, Jakarta, pada hari Jumat, 13 Januari 2023. Dalam sambutannya, Presiden menekankan bahwa pembangunan fasilitas di Jakarta akan terus dilakukan agar dapat setara dengan kota lain di dunia.

“Kita akan terus membangun Jakarta dan melengkapi agar Jakarta memiliki fasilitas-fasilitas yang setara dengan kota-kota lain yang ada di dunia,” ucap Presiden.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa stadion yang memiliki luas 50.300 meter persegi dengan total kapasitas sebanyak 16.250 penonton tersebut, merupakan salah satu fasilitas arena tertutup yang paling besar di Indonesia. Presiden juga menjelaskan bahwa stadion tersebut selain difungsikan untuk kegiatan olahraga, juga bisa digunakan untuk kegiatan lainnya.

“Bisa berfungsi baik untuk event-event olahraga seperti basket, badminton, futsal, voli, dan juga bisa dipakai untuk festival budaya dan seni pertunjukan, serta konser-konser musik dengan kapasitas yang sangat besar,” jelas Presiden.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir, dalam laporannya menyampaikan bahwa stadion yang mulai dibangun sejak bulan April 2021 tersebut menerapkan sistem green building.

“Ini juga Bapak Menteri PUPR membangun dengan sistem green building jadi dengan teknologi hijau dan di sini juga pertama kali Bapak Kementerian PUPR membangun dengan sistem 7D jadi benar-benar ini dibangun secara komputer, AI, analisis,” jelasnya.

Turut hadir juga yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, dan Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (sak)