Unair Buka Program Non-Degree ELH
KOMUNITAS PERISTIWA

Unair Buka Program Non-Degree ELH

Menjawab tantangan zaman dan Revolusi Industri 4.0, Sekolah Pascasarjana (SPS) Universitas Airlangga (UNAIR) secara resmi membuka program non-degree bernama Executive Learning Hub (ELH) pada pekan lalu.

Dalam launching program yang digelar secara daring tersebut, Direktur SPS UNAIR Prof Badri Munir Sukoco SE MBA PhD mengungkapkan bahwa hadirnya ELH merupakan bentuk realisasi atas agenda pemerintah dalam pengembangan sumber daya manusia.

“Program ini begitu penting karena dari segi SDM, Indonesia masih tertinggal. Bahkan yang terakhir global competitiveness kita turun di peringkat 50 dunia. Hal ini bisa berdampak ke ekonomi dan pendapatan per kapita. Maka dari itu peningkatan kompetensi angkatan kerja begitu penting,” kata Prof Badri.

Program ELH sendiri merupakan program layanan bagi eksekutif, direktur, manajer, akademisi, pegawai pemerintah, mahasiswa, maupun individu lain yang berminat untuk melakukan upgrade ilmu dan pengetahuan terkini.

T Aria Auliandri SE MSc selaku Manajer ELH pun menjelaskan bahwa program ini akan menawarkan 23 course atau pelatihan yang mencakup berbagai bidang yang mampu meningkatkan kompetensi dan skill peserta.

“Pelatihan tersebut akan mencakup pelatihan berbasis manajemen bisnis, hukum, penulisan akademik, maupun data science. Kita menyusun berbagai pelatihan tersebut sesuai dengan situasi terkini serta riset terhadap problematika di beberapa instansi maupun perusahaan,” imbuhnya.

Beberapa jenis jenis pelatihan tersebut meliputi Akademi Penulisan Akademik, Manajemen Perubahan, Perancangan Peraturan Perundang-Undangan, Pelatihan Perancangan Kontrak Bisnis dan Kontrak Publik, Pelatihan Aspek Hukum Pengadaan Barang/Jasa dan Pemanfaatan Barang Pada BUMN/BUMD, Pengembangan Kapasitas Anggota Legislatif, serta Pelatihan Penyelesaian Sengketa Alternatif dalam Sengketa Bisnis.

Sementara itu pelatihan lainnya mencakup topik data science dalam bisnis dan medis, data analysis dalam berbagai level, serta topik hukum yang memuat berbagai aspek bidang.

Program ELH sendiri seluruhnya akan digelar secara daring dan siap diisi oleh para tutor yang telah berpengalaman di bidangnya. Tutor-tutor ELH yang juga merupakan dosen-dosen terbaik UNAIR memiliki kompetensi secara konseptual maupun pengalaman sebagai praktisi dan konsultan di pemerintahan maupun swasta.

Meski baru melakukan launching dan memulai program pada 16 Februari 2021, Aria mengungkapkan bahwa ia telah menerima beberapa peserta yang mendaftar short-course ELH.

“Persiapan kami tiga bulan penuh, dan kami siap memberikan layanan terbaik untuk meningkatkan kompetensi serta skill. Maka peserta yang mengikuti program ini tidak hanya akan menerima benefit ilmu, tetapi juga sertifikat, materi pelatihan, serta konsultasi,” pungkasnya.

Selain program non-degree, ELH turut menyediakan program lain seperti sertifikasi keahlian maupun koonsultasi industri dan organisasi. Untuk informasi lengkap program non-degree ELH sendiri dapat diakses pada laman www.pasca.unair.ac.id/elh. (ita)