Upaya Dongkrak Ekonomi Wisata Jatim
JALAN-JALAN PERISTIWA

Upaya Dongkrak Ekonomi Wisata Jatim

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar gowes bareng bertema Go Wisata Jatim Bangkit. Secara tidak langsung, kegiatan ini menggeliatkan sekaligus mendongkrak ekonomi wisata daerah yang bersangkutan serta kawasan yang berdekatan.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono usai membuka kegiatan sport tourism di Kota Batu, Minggu (11/12).

Sekdaprov Adhy menjelaskan, salah satu upaya untuk meningkatkan dan memajukan sektor pariwisata di Jatim antara lain melalui pengenalan dan pengembangan sport tourism di Kota Batu.

“Sport tourism merupakan gerbang promosi cerdas sebagai upaya meningkatkan devisa dari sektor pariwisata,” kata Adhy.

Melalui kegiatan go Wisata ini, Adhy berharap semakin mengenalkan sekaligus mengangkat destinasi pariwisata di Jatim utamanya Kota Batu dari sisi aktivitas pariwisata olahraga kepada OPD Pemerintah, asosiasi pariwisata dan masyarakat.

“Kita coba memulai start go wisata dan mari dengan kegiatan ini, kita coba memperkenalkan bahwa spot tourism di Jawa Timur yang tidak hanya Bromo marathon bahwa masih ada banyak yang akan dibuat oleh teman-teman semua untuk bisa menarik wisatawan,” ungkapnya.

Adhy menyebut, melalui kegiatan olahraga berbasis pengembangan wisata terbukti mempengaruhi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan jumlah wisatawan mancanegara dan wisatawan Nusantara di Jatim yang terus mengalami peningkatan sepanjang tahun 2022.

Disampaikan Adhy sapaan akrabnya, kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan Nusantara di Jatim terus mengalami peningkatan setiap triwulan sepanjang tahun 2022. Wisatawan mancanegara pada triwulan pertama tahun 2022 sejumlah 1.139, triwulan kedua sejumlah 1.735 dan triwulan ketiga meningkat menjadi 3.193.

“Sedangkan wisatawan Nusantara pada triwulan pertama sejumlah 1.148.687, triwulan kedua 1.556.274 dan triwulan ketiga sebanyak 1.663.397,” kata Adhy. (ita)