Video Unair Terkreatif se-Asia Pasifik
KOMUNITAS PERISTIWA

Video Unair Terkreatif se-Asia Pasifik

Video hasil kreativitas UNAIR yang mengangkat ide perubahan iklim meraih penghargaan dalam ajang Konferensi Pendidikan Tinggi Asia Pasifik QS APPLE 2020. Ajang tahunan pertemuan antar perguruan tinggi terkemuka se-Asia Pasifik itu berlangsung Jumat (27/11) secara virtual.

UNAIR berhasil meraih penghargaan berupa Gold Award untuk kategori Most Creative Video, mengungguli Dankook University Korea yang memperoleh Silver Award, dan Institut Pertanian Bogor yang memperoleh Bronze Winner.

Video berdurasi 4 menit 25 detik itu membawa pesan kepada generasi muda untuk mengambil peran dalam menjaga kelangsungan alam. Penjurian dilakukan oleh tim UCSI University, Kuala Lumpur, Malaysia.

Dr Suko Widodo Drs MSi selaku executive producer mengatakan bahwa ide dari pembuatan video berjudul Sometime in the Future itu dilatarbelakangi oleh kegelisahan atas kerusakan alam.
Munurut Suko, manusia, khususnya generasi muda, harus membuat pesan bagi masa depan. Sekaligus meminta maaf, karena tidak menyiapkan masa depan anak cucu dengan baik.

“Video ini penuh satir dan kritik terhadap para pemangku kepentingan. Bukan hanya pemerintah, tapi juga industri dan warga masyarakat,” ucap Suko.

Dalam pembuatannya video tersebut didukung oleh Badri Munir Sukoco, PhD, Alifian Sukma, Hedy Dyah Syahputri, Joko Susanto, dan Redo Nomadore. Penilaian video tersebut dinilai berdasarkan konsep, cerita, isi, eksekusi. Kualitas gambar, desain suara, dan pengeditan menjadi nilai lebih dari penilaian video.

Selain kategori Most Creative Corporate Institution Video, kategori lain yang dilombakan dalam event itu antara lain Best International Print Advertisement, Best International Student Recruitment Brochure, dan Best International Website Page. Video berjudul Sometime in the Future dapat dilihat pada link https://youtu.be/d7VSimeqZZQ. (ita)