Warga Antusias di Surabaya Vaganza
JALAN-JALAN PERISTIWA

Warga Antusias di Surabaya Vaganza

Kerinduan warga Kota Surabaya akan Parade Bunga dan Pawai Budaya akhirnya terbayar tuntas di pagelaran Surabaya Vaganza, Sabtu (28/05). Mereka sangat antusias menyaksikan Parade Bunga yang diikuti oleh 19 mobil hias dan Pawai Budaya yang diikuti oleh berbagai komunitas di Kota Surabaya.

Meskipun acaranya digelar mulai sore hingga malam, mereka tetap memadati Jalan Tunjungan hingga Alun-alun Suroboyo.

Acara Surabaya Vaganza itu semakin meriah karena didatangi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Bahkan, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meminta Gubernur Khofifah untuk membuka dan memberangkatkan Parade Budaya itu.

Selanjutnya, Wali Kota Eri bersama Gubernur Khofifah dan Forkopimda Surabaya serta jajaran Pemkot Surabaya berjalan kaki bersama-sama dari Siola Jalan Tunjungan hingga ke depan Hotel Majapahit. Mereka pun tak lupa menyapa warga yang menyaksikan acara tersebut.

Pada kesempatan itu, Eri mengatakan sebuah kota bisa menjadi besar apabila mengingat sejarah dan budayanya. Makanya, setelah dilakukan Pawai Bunga dilanjutkan dengan Parade Budaya pada malam harinya. Bagi dia, acara ini penuh berkah karena dibuka dan dilepas langsung oleh Gubernur Khofifah.

“Insyallah dengan doanya beliau, insyallah Surabaya akan jauh dari Covid-19, Surabaya akan menjadi berkah dan Surabaya menjadi kota yang lebih hebat dan bisa membahagiakan warganya,” kata Eri.

Menurutnya, Surabaya akan memasuki usianya yang ke 729 tahun, dan dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Surabaya digelar Surabaya Vaganza yang mana warga Surabaya sangat antusias menyaksikannya. Bagi dia, inilah waktunya hari kebangkitan Surabaya, waktunya pergerakan ekonomi digerakkan dalam semua bidang.

“Surabaya Vaganza ini adalah salah satu wujud dari kebangkitan Surabaya menuju kekuatan ekonomi kerakyatan. Kita sambut Surabaya dengan kekuatan kekeluargaan dan kegotong-royongan,” tegasnya.

Ia juga menegaskan bahwa inilah waktunya lompatan ekonomi kerakyatan dimulai. Ia juga sangat yakin bahwa Surabaya akan bisa menjalankan ekonomi kerakyatannya dan mensejahterakan warganya, karena tujuan utama pemkot adalah membahagiakan warga Kota Surabaya.

“Jadi, ini adalah awal kebangkitan ekonomi. Kita tunjukkan bahwa ini awal kebangkitan ekonomi. Makanya, kebangkitan ekonomi harus terus berjalan setelah ini. Apalagi, kita selalu disupport oleh Bunda Gubernur Jatim, sehingga insyallah Surabaya bisa menjadi hebat,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengaku bisa melihat semangat yang luar biasa dari warga Kota Surabaya, mulai dari Festival Rujak Uleg hingga Surabaya Vaganza ini. Makanya, ia berharap seluruh rangkaian ini akan menjadi bagian dari pendorong kebangkitan seluruh sektor.

Ia juga berharap, seluruh rangkaian HJKS ini bisa menjadi lompatan kebangkitan ekonomi dan lompatan kebangkitan seluruh sektor di Kota Surabaya dan Jatim pada umumnya. “Selamat ulang tahun Surabaya,” pungkasnya. (ita)