11 Formasi pada Pendaftaran CPNS
PEMERINTAHAN PERISTIWA

11 Formasi pada Pendaftaran CPNS

Kabar gembira bagi kamu yang telah lama menantikan Pembukaan dan Pendaftaran CPNS 2024. Pasalnya, Pemerintah Indonesia akan kembali memberikan kesempatan bagi lulusan S1 dari berbagai disiplin ilmu untuk mengikuti Pendaftaran CPNS 2024.

Meski persyaratan resmi belum diumumkan, namun informasi awal terkait Pendaftaran CPNS 2024 menyebutkan bahwa ada 11 formasi yang akan dibuka untuk lulusan S1 dari semua jurusan.

Dilansir dari Pojoksatu.id (Jawa Pos Group), berikut 11 formasi untuk lulusan S1 yang dibuka dalam rekrutmen CPNS 2024.

Auditor
Sebagai seorang auditor pada instansi pemerintah, tugasnya mencakup mengaudit dan memverifikasi catatan keuangan. Auditor juga bertanggung jawab memastikan kepatuhan terhadap undang-undang perpajakan yang berlaku.

Penyuluh Sosial
Penyuluh sosial memiliki tugas memberikan informasi, nasihat, dan layanan sosial dalam program-program tertentu. Formasi ini diperkirakan akan menjadi salah satu yang diminati pada 2024.

Analis Kebijakan
Tugas seorang analis kebijakan adalah mengkaji permasalahan sosial dari berbagai aspek untuk mencari solusi terbaik. Lingkup analisis mencakup isu-isu ekonomi, politik, sosial, dan lingkungan.

Pekerja Sosial
Formasi ini membuka peluang bagi lulusan S1 semua jurusan untuk menjadi pekerja sosial. Tugas pekerja sosial adalah memberikan bantuan atau pelayanan kepada individu, kelompok, atau masyarakat yang membutuhkan.

Widyaiswara
Widyaiswara adalah PNS yang ditugaskan untuk mendidik, mengajar, atau melatih PNS di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Pemerintah.

Penggerak Swadaya Masyarakat
Penggerak swadaya masyarakat memiliki peran strategis dalam melakukan penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan masyarakat untuk mengembangkan komitmen perubahan positif.

Perekayasa
Tugas seorang perekayasa melibatkan pengkajian dan penerapan ilmu pengetahuan serta teknologi untuk menciptakan inovasi dan layanan teknologi yang memadai untuk masyarakat.

Pemeriksa
Pemeriksa bertanggung jawab untuk melakukan pengecekan terhadap dokumen atau barang. Selain itu, memastikan keasliannya dan melaporkan hasil pemeriksaan sesuai prosedur yang ditetapkan.

Pengawas Penyelenggara Urusan Pemerintah Daerah
Pengawas ini melaksanakan pengendalian teknis dan keuangan eksternal dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan di daerah.

Perencana
Perencana akan bertanggung jawab merencanakan perkembangan organisasi atau proyek yang dilaksanakan oleh lembaga tersebut.

Peneliti
Peneliti memegang peran penting dalam melakukan penelitian dan penyelidikan terhadap permasalahan tertentu di berbagai bidang teknik, ilmu pengetahuan, dan teknologi. (jp)