Festival Garuda di Candi Prambanan
JALAN-JALAN

Festival Garuda di Candi Prambanan

Tahuah Anda siapa pencetus dari lambang negara Garuda Indonesia?
Dari mana inspirasi lambang burung garuda ini?
Tahukah anda siapa Dirk Rühl Jr?

Banyak sejarah yang belum dipahami terkait dengan lambang negara Garuda Indonesia. Karakteristik yang kuat serta gagah dimaknai sebagai lambang pemersatu bangsa Indonesia yang beraneka ragam, ditandai dengan cengkraman garuda pada simbol Bhinneka Tunggal Ika.

Pemahaman masyarakat yang masih minim serta sejarah yang dimaknai hanya sebagian, membuat PT Taman Wisata Candi Prambanan tergerak untuk menghadirkan Festival Garuda di Lapangan Mandala Garuda, kawasan Taman Wisata Candi Prambanan.

Festival yang hadir berkat kerjasama antara TWC dengan Mataya dan Rumah Garuda ini berlangsung dari tanggal 8 sampai 11 Februari 2020.

“Festival Garuda di Candi Prambanan, selain merayakan lambang negara Indonesia juga di Candi Prambanan sendiri terdapat ornamen relief garuda. Selain itu terdapat pula candi perwara bernama Candi Garuda. Maka itu, Prambanan menjadi tempat yang tepat untuk merayakan kembali makna garuda bagi bangsa Indonesia,” terang General Manager PT TWC Unit Prambanan Aryono Hendro Malyanto.

Pada festival ini akan diadakan beragam pertunjukan seni tradisi maupun kontemporer, pameran workshop serta diskusi terkait dengan makna garuda. “Silahkan berpartisipasi dan datang pada Festival Garuda di Taman Wisata Candi Prambanan ini,” tutup Aryono. (sak)