Lomba Kerapan Sapi Piala Presiden di Bangkalan
JALAN-JALAN

Lomba Kerapan Sapi Piala Presiden di Bangkalan

Kabupaten Bangkalan bakal menjadi tuan rumah pelaksanaan Lomba Sapi Sonok dan Kerapan Sapi Piala Presiden pada Oktober Tahun 2019. Lomba ini merupakan rangkaian dari Peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur Ke-74.

Kepala Bakorwil Pamekasan, Alwi saat rapat persiapan pelaksanaan Lomba Sapi Sonok dan Kerapan Sapi Piala Presiden Tahun 2019 di Pemkab Bangkalan, Selasa (27/8) malam mengatakan, kerapan sapi ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun.

Kegiatan kerapan sapi bertujuan untuk mempromosikan dan melestarikan kebudayaan di Madura sekaligus sebagai ajang promosi potensi wisata dan kuliner daerah seperti Bukit Jaddih, Pasarean Syaichona Moh Cholil, dan Aer Mata Ebuh di Arosbaya.

Kerapan Sapi merupakan pariwisata andalan yang banyak mendatangkan Wisatawan Manca Negara dan Wisatawan Nusantara. Karapan Sapi ini biasanya dilaksanakan pada bulan September hingga bulan November, yang puncaknya memperebutkan Piala Presiden.

Selain kerapan sapi, juga akan digelar lomba sapi sonok. Kontes Sapeh Sonok atau yang di sebut dengan kontes kecantikan sapi itu tidak hanya mempertontonkan kecantikan hiasan sapi, tetapi juga kekompakan berjalan sapi, sehingga sapi yang menang nantinya tidak hanya cantik penampilannya, tetapi harus kompak jalannya.

Salah satu tujuan digelarnya kontes sape sonok, ialah selain untuk mempertontonkan keindahan sapi Madura, juga untuk mempererat tali silaturrahmi antara pemilik sapi di Madura.

Dalam kegiatan ini juga digelar Festival Sapi Sonok, ini merupakan kontes pasangan sapi betina yang terdiri dari jenis ras Madura. Kriteria penilaian kontes ini, yaitu di lihat dari kecantikan, penampilan, dan kekompakan dalam berlaga di arena kontes.

Direncanakan, Lomba kontes sapi sonok akan digelar 5 Oktober 2019 sedangkan lomba kerapan sapi akan digelar pada 6 Oktober 2019. Keduanya akan dilaksanakan di Stadion M Noer Bangkalan. Dijadwalkan juga kana dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur, Bupati Walikota se Jawa Timur serta kepala OPD se Jawa Timur. (jnr)