Pembenahan Pasar Simo Bertahap
PEMERINTAHAN PERISTIWA

Pembenahan Pasar Simo Bertahap

Pembenahan Pasar Simo Kota Surabaya direncanakan selesai pada bulan Mei 2024. Karenanya, perbaikan pada bagian atap, lantai, dan saluran akan mulai dikerjakan secara bertahap.

Direktur Utama PD Pasar Surya Kota Surabaya, Agus Priyo mengatakan, pembenahan Pasar Simo dilaksanakan secara bertahap. Untuk pekerjaan saat ini yang sudah digarap adalah tiga blok dari tujuh blok yang direncanakan.

“Diselesaikan yang tiga blok ini dulu, baru dilanjutkan ke blok-blok berikutnya secara bertahap,” kata Agus Priyo, Sabtu (24/02).

Ia menerangkan, masing-masing blok memiliki luas sekitar 207 meter persegi dari luas lahan Pasar Simo, yakni 1.450 meter persegi. Sedangkan pembenahan yang dilakukan meliputi bangunan (termasuk atap), lantai dan saluran.

Agus Priyo menuturkan pembenahan ini dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Nantinya, setelah pekerjaan rampung, ada 95 stand baru yang akan digunakan sebagai tempat relokasi Pedagang Kaki Lima (PKL). Mereka ini adalah PKL yang berjualan di sekitar Pasar Simo.

“Jadi pedagang yang di luar pasar ini dimasukkan agar tidak lagi berjualan di pinggir jalan,” paparnya.

Ia menambahkan para pedagang itu bakal ditata untuk menempati stand los. Sebab, konsep yang diusung di pasar ini adalah stand los itu. Bahkan beberapa stand kios (namun kosong atau pengelolaannya sudah menjadi kewenangan PD Pasar Surya), juga diubah dari kios menjadi los.

“Kecuali stand kios yang masih aktif. Itu akan tetap dipertahankan menjadi kios,” imbuhnya.

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi didampingi jajaran PD Pasar Surya beserta Kepala Perangkat Daerah (PD) di lingkup Pemkot Surabaya melakukan pengecekan di Pasar Simo, pada Jumat (23/2024).

Dari hasil pengecekan tersebut, Wali Kota Eri menginginkan adanya pembenahan pasar. Mulai dari atap, lantai, hingga saluran. Serta, menyelesaikan persoalan adanya tumpah yang berdekatan agar tidak merugikan para pedagang Pasar Simo.

“Insyaallah bulan Mei tahun ini bisa selesai satu pasar yang dikerjakan pemkot untuk menjadi contoh yang lain,” kata Wali Kota Eri.

Di samping itu, 46 pasar yang dinaungi oleh PD Pasar Surya Surabaya akan kembali didata untuk dilakukan penyisiran. Dari hasil pendataan dan penyisiran tersebut, Pemkot Surabaya bersama PD Pasar Surya akan saling berbagi tugas, yakni mana saja pasar yang akan dilakukan revitalisasi oleh Pemkot Surabaya maupun oleh PD Pasar Surya. Sebab, pembangunan dan perbaikan itu belum dilakukan di semua titik. (ita)