Peretas Situs Setkab Ditangkap
PEMERINTAHAN PERISTIWA

Peretas Situs Setkab Ditangkap

Bareskrim Polri meringkus pelaku yang meretas situs milik Sekretariat Kebinet (Setkab) RI setkab.go.id. Situs lembaga pemerintah itu dilaporkan diretas pada Sabtu (31/07) lalu.

Penangkapan tersebut dibenarkan oleh Kabaresktim Komjen Agus Andrianto. Kata dia, pelaku yang mengaku sebagai Zyy ft Lutfifake Padang Blackhat ditangkap pada Jumat (06/08). “Sudah ditangkap, kemarin,” kata Agus Andrianto kepada wartawan, Sabtu (07/08).

Hanya saja, jenderal bintang tiga itu belum merinci lebih detail terkait kronologi penangkapan tersebut. Dia hanya mengatakan jika Dirtipidsiber Bareskrim yang akan merilis kasusnya Senin (09/08). “Senin nanti saya minta Dirtipidsiber untuk ekspose,” imbuhnya.

Sebelumnya, Tampilan laman setkab.go.id berubah hitam dengan foto seorang demonstran membawa bendera merah putih. Dalam laman tersebut tertulis keterangan “Padang Blackhat ll Anon Illusion Team Pwned By Zyy Ft Luthfifake”.

Hingga Minggu (03/08) sekitar pukul 20.00 WIB situs setkab.go.id masih belum bisa diakses. Tertera keterangan jika situs tersebut sedang dalam perbaikan.

“Kami akan segera kembali! Mohon maaf untuk ketidaknyamanannya, saat ini kami sedang melakukan update sistem. – Sekretariat Kebinet RI” tulisnya.

Diketahui peretasan terhadap situs Sekretariat Kebinet RI bukan kali ini saja terjadi. Pada 24 Desember 2015 situs mereka juga pernah diretas. (ist)